You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Olahraga Bikin Pikiran Positif, Buktikan Dengan 6 Langkah Ini

author
Hasto Prianggoro
Senin, 19 November 2018 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menjaga gaya hidup. Istirahat cukup dan olahraga contohnya, selain tentu saja pola makan. Olahraga terbukti mampu menjaga kondisi fisik dan psikis agar tetap sehat. Bahkan, olahraga selama 25 menit per hari mampu mengurangi risiko terkena depresi sebanyak 22%. Berikut 6 tips olahraga agar mental kita selalu positif.

1.Ajak Teman

Studi tahun 2017 menunjukkan, berolahraga dalam kelompok mampu meredam stres hingga 26%, sementara riset 2 tahun sebelumnya menunjukkan bahwa berolahraga berkelompok hasilnya akan lebih bagus dibanding sendirian.

2.Olahraga di Luar Ruang

Berolahraga di luar ruangan seperti memencet tombol reboot. “Sangat penting untuk keluar sejenak dari rutinitas untuk mengapresiasi ruang dan udara segar. Ini akan membantu kita untuk kembali terhubung dengan apa yang paling penting dalam hidup,” kata psikolog Suzy Reading.

3.Gerakan Dan Posisi Tubuh Menentukan

Berolahraga atau beraktivitas memiliki dampak anti-depresan. Bahkan beberapa jenis gerakan atau posisi tubuh yang berpengaruh secara positif terhadap pikiran. Misalnya, sebuah studi di Nwa Zealand menemukan bahwa ternyata duduk dengan posisi punggung tegak dan dada terbuka bisa membantu mereka yang mengalami depresi ringan untuk berpikiran lebih positif dan bersemangat.

Baca juga: Hasil Riset, Kopi Turunkan Risiko Penyakit Berat Termasuk Kanker

4.Latih Pernapasan

Jika kta bernapas dengan benar, maka kit aaan merasakan tubuh dan pkiran kita lebih segar. Ini karena ketika kita bernapas dengan benar, sistem saraf kita akan menjadi lebih baik dan nyaman, yang tentu sangat penting kietika kita dalam kndisi tertekan atau stress.

Jadi, berlatih pernapasan dengan benarterbukti sangat ampuh untuk menjaga kebugaran. Jadi, jika suatu ketika kamu merasa tertekan atau stres, ambil headphone, putar musik lembut, lalu latihlah pernapasan.

5.Bicara Dengan Diri Sendiri

Penelitian membuktikan, memikirkan dan mengucapkan kalimat-kalimat positif saat berolahraga akan membantu membangkitkan emosi yang positif juga. Misalnya, “Aku akan melakukan latihan yoga selama 20 menit agar pikiranku positif.”  

6.Jadikan Rutinitas

Jadikan olahraga sebagai aktivitas rutin. Rutinitas akan menjaga kita selalu dalam kondisi fifik dan psikis yang positif, sehingga mampu membantu mengusir kecemasan.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro