The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Ini, Lo, 7 Ciri-Ciri Pengasuh Anak Yang Baik

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 21 November 2018 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Mencari pengasuh anak yang baik dan perhatian pada anak memang gampang-gampang susah. Nah, berikut ini ciri-ciri pengasuh anak yang baik yang bisa menjadi pegangan Bunda.

1.Anak Langsung Akrab

Anak-anak terkadang memiliki perasaan yang sangat kuat. Dia bisa mengenali apakah calon pengasuhnya ini baik, penuh perhatian, atau sebaliknya. Jadi, jika pada pertemuan pertama anak langsung akrab dan mau berinteraksi dengan calon pengasuh barunya, ini bisa jadi pertanda baik bagi Bunda.

2.Tidak Suka Membantah

Pengasuh yang baik biasanya mau bekerja sama dan menyampaikan ide-ide pengasuhan anak. Dia juga tak pernah membantah serta mau mendengarkan dan melaksanakan apa yang Bunda sampaikan.

3.Tidak Pernah Telat

Jika Bunda mengambil pengasuh paruh waktu yang tidak menginap, biasanya ia akan datang tepat waktu. Jadi, sebaiknya Bunda bersiap-siap mencari pengasuh pengganti seandainya pengasuh anak beberapa kali datang telat dengan alasan yang itu-itu saja atau yang tidak masuk akal. Ia juga bisa dihubungi setiap saat.

Baca juga: 6 “Hobi” Baru Tanda Perkembangan Balita

4.Bisa Dipercaya

Setelah beberapa waktu ikut Bunda, pengasuh yang baik biasanya sudah bisa dipercaya. Bunda pun merasa aman meninggalkan si Kecil bersamanya.

5.Anak Makin Pintar

Pengasuh anak yang baik biasanya mau memberikan respons yang mampu memperkaya pengetahuan dan imajinasi anak. Ia juga sabar meladeni pertanyaan anak yang terkadang sulit dicarikan jawabannya. Salah satu tandanya adalah kosa kata dan pengetahuan anak berkembang selama dalam pengasuhannya.

| SHUTTERSTOCK

6.Peduli Kesehatan Anak

Banyak sekali kejadian, anak jadi sakit-sakitan semenjak diasuh pengasuh baru. Jika ini yang terjadi, sebaiknya Bunda tidak memperpanjang kontrak pengasuh. Pengasuh yang baik akan selalu memerhatikan kondisi anak, termasuk kebersihan dan kesehatannya. Anak tak pernah luka atau cedera juga menjadi salah satu indikasi pengasuh yang mau memerhatikan anak asuhnya.

7.Menjaga Kebersihan

Selain hal-hal yang berhubungan dengan anak, pengasuh yang baik juga akan selalu menjaga kebersihan area tempat anak beraktivitas.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro