Think like a queen. A queen is not afraid of fail. Failure is another stepping stone to greatness.
Oprah Winfrey

Pengin Aman Secara Finansial, Ikuti 4 Tips Ini

author
Hasto Prianggoro
Sabtu, 24 November 2018 | 20:25 WIB
| SHUTTERSTOCK

Setiap orang pasti pengin kaya, punya banyak tabungan dan simpanan, serta berinvestasi kemana-mana. Bagaimana caranya agar bisa aman secara finansial, simak 5 tips yang bisa membantu memulai berinvestasi dan memperlakukan uang dari sisi yang berbeda.

1.Tentukan tujuan finansial

Berapa banyak dana yang hendak dibelanjakan bulan ini? Kapan mau mulai berinvestasi? Berapa lama jangka waktunya? Pertanyaan-pertanyaan ini harus masuk dalam rencana finansial, lalu kerjakan. Rencana tanpa action juga tak akan mengubah apapun.

2.Nilai diri sendiri

Seberapa besar kamu menghargai diri sendiri? Ini penting, karena begitu kamu mampu menilai “harga” sendiri, kamu akan segera tahu apa yang sebaiknya dilakukan. Membereskan hutang-hutang? Membeli saham properti yang sedang naik harganya? Atau justru menambah hutang baru?

| SHUTTERSTOCK

3.Mulailah dengan nominal kecil

Cobalah mulai menabung atau menginvestasikan dana dengan nominal yang kecil dulu. Misalnya, setiap bulan sisihkan 20 persen penghasilan untuk membeli instrumen investasi, entah reksadana, saham, deposito, emas, dan sebagainya. Saat ini, berinvestasi makin dipermudah. Selain banyak pilihan instrumen investasi, tak harus keluar uang banyak untuk membeli instrumen-instrumen investasi tadi.

4.Syukuri apa yang dimiliki

Belajarlah mengapresiasi pencapaian sendiri. Bisa jadi, apa yang sudah dicapai saat ini belum seperti orang lain di sekitar, tetapi pasti ada hal-hal positif yang bisa membuat kamu melihat dan memperlakukan uang dengan lebih baik. Tidak menghambur-hamburkan uang, misalnya. Jika kita mampu mensyukuri apa yang sudah dicapai, jalan untuk mencapai kesuksesan finansial berikutnya tinggal menunggu waktu.  

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro