Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Traveling Saat Weekend, Ini Tips Agar Lebih hemat

author
Isna Triyono
Minggu, 2 Desember 2018 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Traveling bukan berarti harus menunggu musim liburan. Akhir pekan juga bisa menjadi waktu yang pas untuk liburan singkat.

Enggak perlu izin cuti ke kantor atau bolos kerja, kamu masih bisa tetap refreshing dengan traveling di ahir pekan.

Meski liburan singkat, traveling di akhir pekan juga memerlukan budget yang enggak sedikit. Namun dengan tips berikut ini, kamu bisa berhemat untuk liburan singkat ini.

Baca juga: Sebelum Berwisata ke Museum, Ketahui 7 Etikanya

1. Hindari Long Weekend

Kamu bisa traveling singkat di akhir pekan kapan pun, namun hindari saat long weekend atau peak season. Meski hanya menginap satu malam saja di hotel, harga yang yang harus kmau bayar pasti akan jauh lebih mahal.

2. Naik Mobil Lebih Hemat

Dengan pesawat, kamu bisa terbang ke mana saja untuk mengisi liburan singkat saat weekend. Namun untuk menghemat anggaran, sebaiknya pilih destinasi wisata yang bisa dijangkau jalur darat. Jadi kamu bisa bawa kendaraan sendiri supaya lebih hemat. Menurut Great American Road Trip, menggunakan mobil sendiri hampir selalu lebih ekonomis dibanding pesawat.

SHUTTERSTOCK |

3. Angkutan Umum

Angkutan umum seperti bis atau kereta di Indonesia saat ini sudah menawarkan banyak kenyamanan. Selain menghemat biaya, liburan saat weekend menggunakan angkutan umum juga bisa menghemat tenaga kamu. Tubuhmu tidak akan terlalu lelah menghadapi hari Senin.

4. Packing Simpel

Karena waktu liburan hanya dua hari, usahakan membawa barang-barang sesimpel mungkin. Kalau perlu, hanya gunakan ransel atau satu tas kecil saja. Jika kamu menggunakan transportasi umum, pergerakanmu pun menjadi lebih leluasa dengan barang bawaan yang simpel.

5. Pergi Berkelompok

Pergi berkelompok lebih dari 2 orang pasti akan lebih hemat dibanding solo traveling. Kamu bisa sharing cost. Enggak cuma itu, pergi berkelompok juga membuat suasana lebih seru.

Baca juga: Pertama Kali ke Jepang, Ikuti Tips dari Marischka Prudence Ini!

6. Pesan Tiket Terusan

Traveling singkat bukan berarti kamu hanya bisa mengunjungi satu tempat saja. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat yang ditawarkan dalam paket city tour. Selain lebih murah, waktu Sabtu-Minggu pun akan lebih maksimal kamu gunakan untuk traveling.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi