What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Membawa Anak Ke Dokter, Ini 6 Tipsnya

author
Hasto Prianggoro
Sabtu, 1 Desember 2018 | 22:16 WIB
| SHUTTERSTOCK

Orang tua mana yang tak cemas saat buah hatinya sakit. Membawa anak ke dokter seringkali juga memunculkan masalah baru, yakni si Kecil takut dan rewel. Coba 6 tips ini sebelum Bunda membawa buah hati ke dokter.   

1.Pilih dokter yang ramah anak

Memilih dokter yang tepat sangat membantu menenangkan anak saat dibawa berobat. Sebaiknya pilih dokter langganan yang ramah anak. Selain tidak membuat anak takut, anak biasanya juga akan lebih tenang saat bertemu dengan dokter yag sudah ia kenal.

2.Kenali lokasi

Berada di lingkungan yang baru bisa membuat anak bingung dan takut. Apalagi jika klinik atau RS tempat berobat cenderung ramai. Bunda sebaiknya membiasakan anak terhadap situasi klinik atau RS lebih dulu sebelum masuk ke ruang dokter. Jelaskan dengan bahasa anak apa-apa yang ia lihat di RS.

Baca juga: Sibling Rivalry: Kenapa Cuma Adik yang Disayang?

3.Pilih waktu yang tepat

Kunjungan ke dokter, apalagi kunjungan pertama, sering membuat anak takut dan cemas. Memilih waktu yang tepat bisa meminimalisir kecemasan anak. Misalnya membawa anak berobat saat moodnya sedang bagus, atau sehabis makan dan tidur.

4.Selalu berada di dekat anak 

Di usia ini, anak sering takut ditinggal orang tua, apalagi saat bertemu dokter atau orang asing. Jadi, yakinkan anak bahwa Bunda akan selalu berada bersamanya saat berkunjung ke dokter.

| SHUTTERSTOCK


5. Jangan menakut-nakuti

Terkadang anak takut pada figur dokter karena punya pengalaman buruk sebelumnya. Misalnya sakit karena disuntik. Jadi, jangan menambah ketakutan anak dengan menakut-nakutinya, misalnya dengan kalimat, “Kalau kamu rewel, nanti disuntik dokter, lo.” Bantu anak melihat dokter dan rumah sakit sebagai hal yang tidak perlu ditakuti. Misalnya, “Nggak apa-apa diperiksa, ya. Om Dokter mau membantu supaya kamu tidak sakit, kok, Dek.”


6. Beri reward

Orang tua sebaiknya memberi reward untuk setiap perilaku positif yang sudah ditunjukkan anak. Begitu juga ketika si Kecil tidak rewel selama bertemu dokter. Tak perlu hadiah berupa barang atau mainan mahal, pelukan dan pujian lembut pun seringkali cukup membuat anak merasa dihargai.


Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro