There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

10 Fakta Menakjubkan Tentang Bayi

author
Isna Triyono
Senin, 3 Desember 2018 | 12:00 WIB
Bayi | Shutterstock

Setiap bayi adalah keajaiban dan kebahagiaan bagi orang tuanya. 

Berikut ini 10 fakta menakjubkan tentang bayi yang harus Bunda ketahui.

1. Bayi dilahirkan tanpa tempurung lutut. Bayi hanya memiliki struktur tulang rawan yang menyerupai tempurung lutut, yang disebut kartilago.

Kartilago tidak berkembang sampai mereka berusia 6 bulan. Dan itulah alasan sebagian besar bayi awalnya merangkak dengan lengan.

2. Ketika baru saja dilahirkan, istilah bayi menangis kurang tepat. Karena selama sekitar 3 minggu di awal kehidupannya, bayi tidak bisa mengeluarkan air mata karena saluran air matanya belum berkembang sempurna.

Baca juga: 10 Fakta Unik Tubuh Manusia

SHUTTERSTOCK |

3. Rata-rata, bayi tertawa 300 kali sehari sementara orang dewasa hanya tertawa 60 kali. Itu sebagai tanda bayi lebih menikmati kehidupan jauh lebih banyak dari kita.

4. Ketika janis berusia sekitar empat bulan di dalam rahim, rambut akan tumbuh menyebar ke seluruh tubuh selama sebulan. Rambut ini disebut lanugo. Sebelum lahir, lanugo akan rontok.

5. Mulai dari kelahiran hingga toilet training, bayi menggunakan rata-rata 8000 popok.

6. Seorang bayi dilahirkan tanpa bakteri di dalam tubuh. Dan darah yang mengalir di dalam tubuhnya ketika baru saja dilahirkan hanya sebanyak satu cangkir.

7. Neuroscientists mengatakan bahwa bayi tidak bermimpi untuk beberapa tahun pertama kehidupan mereka.

8. Bayi yang lahir prematur dua minggu lebih cepat, tidak berkeringat sama sekali, bahkan ketika cuaca panas. Pada bayi prematur yang lebih tua, keringat berkembang pertama di dahi, kemudian di dada, kemudian lengan, dan terakhir di kaki.

Baca juga: 7 Fakta Orgasme

9. Bayi melupakan semua yang mereka alami selama tiga tahun pertama kehidupan mereka. Ahli saraf menyebutnya 'infantil amnesia'.

10. Sampai saat ini, jumlah paling banyak bayi yang dilahirkan dari seorang perempuan adalah 69. Yang memegang rekor itu adalah seorang istri petani Rusia. Dari tahun 1725 hingga 1765 ia melahirkan 7 kali kembar tiga, 16 kali kembar dua, dan 4 kali kembar empat.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Ratih Sukma Pertiwi