The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

7 Manfaat Tidur Siang Bagi Bayi

author
Isna Triyono
Rabu, 5 Desember 2018 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bayi yang baru lahir biasanya menghabiskan 18 jam sehari untuk tidur. Sementara untuk bayi yang sudah lebih besar, waktu tidurnya semakin berkurang.

Namun begitu, waktu tidur yang cukup memiliki banyak manfaat bagi bayi. Termasuk waktu tidur siang yang cukup dan teratur.

Lalu, apa aja sih manfaat tidur siang bagi bayi?

1. Membantu perkembangan emosional

Bayi yang tidak tidur siang lebih cenderung menunjukkan gejala kecemasan. Kelelahan dan rasa kantuk yang tidak bisa mereka utarakan, akan membuat perasaan kurang nyaman, cranky, dan emosional. Sebaliknya, bayi yang menikmati tidur siang dengan cukup, memiliki perkembangan emosional yang positif.

Baca juga: Cara Melatih Bayi Tengkurap dan 5 Manfaatnya

2. Tidur Malam Lebih Nyenyak

Bagi orang dewasa, tidur siang bisa mengganggu jam tidur malam. Namun tidak demikian dengan bayi. Jika kurang tidur saat siang, bayi justru akan kesulitan tertidur di malam hari. Hal ini mungkin disebabkan kurangnya waktu istirahat sehingga di malam hari, bayi justru kesulitan untuk mendapoat tidur yang berkualitas.

SHUTTERSTOCK |

3. Waktu Istirahat

Tidur siang sama seperti memberi bayi waktu untuk istirahat. Meski kegiatan mereka masih seputar di dalam rumah, namun cukup melelahkan bagi mereka. Tidur siang juga menghilangkan stress dan yang paling penting memberi tubuh mereka waktu istirahat.

4. Mengurangi Tantrum

Tantrum berkaitan erat dengan rasa kantuk, lelah, frustasi, atau lapar. Bayi yang punya jadwal tidur siang secara rutin, menjaga mereka untuk mudah tantrum.

5. Berat Badan Sehat

Sebuah penelitian dari Rumah Sakit Anak Penn State, Pennsylvania, AS, menemukan bahwa orang tua yang dilatih bagaimana menangani anak rewel selain menggunakan makanan, membuat bayi mereka tidur lebih baik.

Oleh karena itu, kurangnya waktu tidur siang dikaitkan dengan obesitas yang dimulai sejak bayi.

Baca juga: 8 Langkah Memilih Boks Bayi yang Aman

SHUTTERSTOCK |

6. Kesehatan Jantung

Gangguan tidur dan kurang tidur meningkatkan kortisol, hormon yang dilepas dalam tubuh ketika sedang stress. Ini meningkatkan risiko jantung, diabetes, dan obesitas. Jika terjaga beberapa kali saat tidur malam, bayi membutuhkan tidur siang secara teratur untuk menebusnya.

7. Kesehatan Ibu dan Pengasuhnya

Merawat dan menjaga bayi adalah tugas berat dan menguras tenaga. Wajar aja jika ibu atau pengasuh juga membutuhkan istirahat di siang hari. Kamu bisa mengambil kesempatan untuk beristirahat ketika bayi tidur siang. Meski beberapa ibu menggunakan kesempatan itu untuk memberskan pekerjaan rumah yang lain.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono