Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

5 Kandungan Skincare Ini Pantang Dipakai Siang

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 13 Desember 2018 | 08:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Beberapa kandungan dalam skincare ternyata bisa memicu alergi matahari sehingga pantang dipakai siang hari. Apa saja?

Alergi matahari (photosensitivity) adalah kondisi kulit yang sensitif terhadap sinar matahari hingga bisa mengalami gatal, iritasi hingga terbakar. Selain itu, alergi matahari juga mempercepat tanda-tanda penuaan dini, seperti flek hitam, diskolorasi kulit, dan keriput.

Mungkin kamu belum menyadari, ternyata alergi matahari dapat dipicu oleh kandungan produk skincare yang dioles pada kulit siang hari.

Apa saja kandungan skincare yang pantang dipakai siang?

Baca juga: Keren, Ini 2 Inspirasi Tren Makeup 2019

  1. Fruit Enzymes

Biasanya terkandung pada produk chemical peeling yang sangat ampuh untuk proses eksfoliasi kulit sehingga terlihat lebih cerah. Bahan ini juga bisa membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Jadi sebaiknya pemakaian produk peeling dihindari ketika kamu bakalan banyak berada di bawah terik matahari. Jika tidak, kulit mudah mengalami hiperpigmentasi, iritasi, alergi matahari.

  1. Alpha-Hydroxy Acids

Bahan yang biasa disebut AHA ini biasanya berupa glycolic acid dan lactic acid yang banyak terkandung pada toner, serum, pelembap. Sifatnya eksfoliatif, bisa menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga kulit lebih cerah.

Namun, jangan sekali-kali memakainya di siang hari karena kulit bakal lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Baca juga: AHA dan BHA, Apa Bedanya?

SHUTTERSTOCK |

  1. Retinol

Retinol dan turunannya yang ampuh melawan tanda-tanda penuaan juga wajib dipakai pada malam hari saja karena bisa meningkatkan sensitivitas kulit.

  1. Salicylic Acid

Bahan ini sering ditemukan dalam produk obat jerawat. Fungsinya mengeksfoliasi kulit sehingga pori-pori yang tersumbat kotoran dan sel-sel kulit mati menjadi bersih.

Hindari memakainya di siang hari, ya karena membuat kulit terbakar sinar matahari.

  1. Benzoyl Peroxide

Antibakterial yang terbuat dari benzoic acid dan oksigen ini fungsinya mematikan bakteri penyebab jerawat. Gunakan pada jerawat setiap malam, ya.

 

Nah, mulai sekarang lebih teliti, ya, membaca label kandungan bahan skincare. Namun bukan berarti kamu harus langsung stop pemakaian 5 bahan tadi, hanya lebih berhati-hatilah memilih waktu yang tepat. Dan pada pagi harinya jangan lupa untuk mengoles broad spectrum SPF.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi