We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Seks Baik Bagi Kesehatan, Ini Jumlah Kalori Yang Terbakar

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 6 Januari 2019 | 18:05 WIB
| SHUTTERSTOCK

Ternyata, tak hanya seks yang bisa membakar kalori. Berciuman pun bisa membantu membakar kalori. Berikut 5 faktanya.

Seks ternyata tak hanya menimbulkan kenikmatan, namun juga bagus untuk kesehatan psikis dan fisik pasangan suami istri. Selain degup jantung yang meningkat, saat-saat foreplay dan ciuman pun ternyata membakar kalori juga. Berapa jumlah kalori yang terbakar?

1.Ciuman: 68 kalori per jam

“Ciuman tak hanya bentuk cinta pada pasangan tetapi juga merupakan bentuk gerakan yang bisa membantu membakar kalori. Ciuman yang intens dan dalam bisa membakar hingga 90 kalori dalam waktu satu jam,” kata seksolog Jaiya Kinzbach.

| SHUTTERSTOCK

 

2.Foreplay: 230 kalori

Ketika fase foreplay dimulai, jantung akan berdetak lebih cepat. “Bernapas pun jadi lebih cepat sehingga memicu pembakaran kalori,” kata Gilda Clarke, Ph.D, konsultan pernikahan. Apalagi jika suasana dan ruangan membantu menciptakan kondisi yang hangat dan berkeringat, makin banyak kalori yang terbakar. “Foreplay yang menyenangkan dan erotis akan menciptakan kombinasi indah antara seks dan olahraga,” lanjut Gilda.

Baca juga: 9 Nutrisi Untuk Sperma

3.Massage: 80 kalori per jam

Memijat pasangan sebelum hubungan intim tak hanya menciptaan kenikmatan tetapi juga membantu membakar sekitar 80 kalori per jam. Menurut psikiater Carole Lieberman, MD, meski massage akan memacu jatung berdetak lebih cepat, namun dianjurkan melakukan massage dengan lembut dan perlahan. “Tak hanya lebih sensual, pijatan yang lembut dan perlahan akan merangsang gerakan otot-otot di seluruh tubuh,” kata Carole.  

4.Hubungan intim: 69 kalori

Jumlah kalori yang terbakar selama hubungan intim bervariasi, tergantung sesi dan masing-masing pasangan. Peneliti dari University of Montreal menemukan, rata-rata perempuan membakar 69 kalori setiap kali berhubungan intim selama 25 menit, sementara pada pria, kalori yang terbakar sekitar 100 kalori. Kuncinya, saran pakar, ciptakan hubungan intim yang hangat dan lama.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro