I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

8 Tanda Si Kecil Siap Masuk Sekolah

author
Hasto Prianggoro
Senin, 14 Januari 2019 | 16:00 WIB
|

Memilih preschool atau PAUD bukan hal mudah. Memastikan anak sudah benar-benar siap bersekolah juga tak gampang. Berikut 8 tanda anak sudah siap masuk preschool.

 

1. Beberapa sekolah sudah menentukan syarat batas usia minimum anak. Pastikan usia anak sudah memasuki usia sekolah. Bunda juga bisa mulai memilih sekolah yang cocok sejak anak berusia 2 atau 2,5 tahun.

2. Jika anak sudah mulai banyak bertanya di usia 2-2,5 tahun, tandanya otak anak sedang berkembang pesat. Cara paling tepat untuk memfasilitasi perkembangan ini adalah dengan memasukkannya ke sekolah.

Baca juga: Anak Pun Bisa Stres, Kenali Penyebabnya

3. Orang tua, ibu khususnya, biasanya akan mampu merasakan perkembangan anaknya dan memastikan bahwa anak sudah siap.

4. Anak terlihat makin mandiri dan bisa dengan cepat menangkap apa-apa yang diajarkan atau dikenalkan orang tua.

5. Anak makin aktif berkomunikasi. Makin besar anak, makin banyak interaksinya dengan orang-orang di sekitarnya, khususnya orang tua.

| SHUTTERSTOCK

6. Anak mudah diajak berkomunikasi menandakan ia sudah siap berbaur dengan lingkungan baru, yakni sekolah.

7. Tiap anak berbeda. Bisa jadi anak masih belum mandiri meskipun sudah berusia 4 tahun. Dan sebaliknya, ada juga anak yang baru berusia 2,5 tahun tetapi sudah aktif berkomunikasi.

8. Kuncinya, Bunda mesti bersabar, termasuk mencari dan memilih sekolah yang tepat bagi anak sehingga anak mampu mengembangkan semua potensinya.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro