If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Anak Mau Menang Sendiri, Ini 6 Tips Mengatasinya

author
Hasto Prianggoro
Sabtu, 19 Januari 2019 | 19:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Anak enggan berbagi dan cenderung mau menang sendiri? Apa yang harus dilakukan orang tua agar anak tidak menang sendiri dan mau berbagai, berikut 6 tipsnya.

1. Cari solusi, bukan kesalahan

Saat anak tak mau berbagi mainan atau makanan dengan teman-temannya, dan malah saling berebut, orang tua sebaiknya tidak langsung memisahkan dan menegur anak atau melabelinya dengan anak nakal. Cermati apa pangkal sebab sehingga anak tak mau berbagi, lalu beri anak pemahaman tentang pentingnya berbagi dengan orang lain.

2. Fase egois

Jika anak terlihat egois dan berebut mainan dengan temannya, orang tua sebaiknya tidak usah panik. Pelan-pelan, anak akan mengerti bahwa ia memiliki lingkungan, punya saudara atau teman yang harus ia perhatikan juga.

Anak akan mengembangkan konsep sadar diri dan lingkungan sesuai perkembangan usianya. Biasanya memang akan muncul fase egois sebelum anak berkembang dan mau berbagi.

3. Ajak anak untuk meminta maaf

Jika si Kecil terlihat merebut mainan temannya atau bersikap kasar terhadap temannya, ajak anak untuk meminta maaf pada temannya. Berikan contoh bagaimana menghormati orang lain. 



| SHUTTERSTOCK

4. Hindari ikut campur

Orang tua sebaiknya tidak buru-buru ikut campur ketika si Kecil berebut mainan dengan temannya, kecuali mereka sudah melakukan tindakan fisik. Pasalnya, ketika orang tua ikut campur dan cenderung membela si anak, maka anak akan menjadi bergantung pada orang tua setiap kali menemui masalah.

5. Alihkan agar adem

Orang tua bisa mengalihkan perhatian anak dengan mengajaknya melakukan permainan lainnya. Konflik tidak selalu bisa menjadi saat untuk mengajarkan perihal berbagi. Bisa jadi, kedua anak memang sedang buruk moodnya.

Baca juga: Anak Kesulitan Belajar, Lakukan 7 Hal Ini

6. Beri pujian

Ketika Anda melihat si kecil berlaku baik terhadap teman atau saudaranya, jangan ragu untuk memberinya pujian atau reward. Ini akan semakin membuat anak yakin dengan apa yang dilakukannya dan tahu bahwa apa yang dilakukannya adalah baik.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro