When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Ini Dia 10 ‘DNA’ Seorang Entrepreneur

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 24 Januari 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Menjadi seorang pebisnis atau entrepreneur tak hanya butuh ide-ide besar. Ia juga harus punya bakat, keterampilan, dan karakter. Nah, 10 hal di bawah ini merupakan ‘DNA’ seorang entrepreneur yang bisa membantu mereka meraih sukses.

  1. Tahu Tujuan

Seorang entrepreneur adalah seorang yang bisa menetapkan tujuan dan memiliki cara untuk mencapai tujuan tersebut. Mereka juga memiliki pemikiran yang strategis dan jelas.

  1. Tak Mudah Menyerah

Seorang entrepreneur tak mudah dikalahkan atau mudah menyerah. Mereka melihat kegagalan sebagai peluang untuk sukses di masa depan. Mereka akan tetap bangkit setelah terjatuh dan tetap berkomitmen untuk mencoba dan terus mencoba hingga meraih sukses.

  1. Doers Bukan Thinkers

Seorang entrepreneur adalah seorang yang proaktif, tahu bahwa ketika sesuatu harus dikerjakan segera, maka mereka akan mengerjakannya sendiri. Mereka adalah ‘doers’ bukan ‘thinkers’, dan cenderung memiliki standar tersendiri.

Baca juga: Mau Memulai Bisnis? 3 Hal Ini Wajib Dimiliki 

  1. Berkepala Dingin

Seorang entrepreneur akan tetap tenang saat masalah menghampiri. Dalam bisnis, apa saja bisa terjadi dan tak semuanya berjalan sesuai rencana. Seorang entrepreneur sejati mampu menghadapinya dengan kepala dingin lalu membuat keputusan strategis.

  1. Mampu Melihat Peluang

Seorang entreprenur sadar bahwa setiap situasi merupakan peluang bisnis. Mereka memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal di sekeliling mereka dan fokus terhadap tujuan bisnis.

SHUTTERSTOCK |

  1. Yakin Bakal Sukses

Seorang entrepreneur sejati tak akan pernah bertanya apakah mereka akan sukses atau tidak, mereka yakin mereka akan sukses. Kepercayaan diri ini sudah menjadi bagian hidup dan mereka tak pernah takut mengambil risiko.

Baca juga: Ini, Lo, Tipe-tipe Entrepreneur. Kamu Termasuk Yang Mana?

  1. Mau Mendengar

Aspek penting dari seorang entrepreneur adalah mau mendengar. Bagi mereka, mendengar adalah proses belajar yang akan membantu mereka mengejar sukses.

  1. Punya Keterampilan Berkomunikasi

Seorang entrepreneur sejati memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik yang akan membantu mereka menjual produk atau jasa secara efektif. Mereka juga merupakan pemimpin alami dengan keterampilan memotivasi, memberi inspirasi dan memengaruhi orang-orang di sekeliling mereka.

  1. Bakat Kreatif

Seorang entrepreneur juga memiliki bakat kreatif dan mampu mengubah ide-ide kreatif mereka menjadi produk yang laku dijual.

  1. Punya Passion

Passion adalah modal terbesar seorang entrepreneur. Mereka mencintai pekerjaan mereka, mau menghabiskan waktu untuk mengembangkan bisnis, dan mendapat kepuasan dari apa yang mereka lakukan dan hasilkan.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi