The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

7 Tips Atasi Sibling Fight

author
Hasto Prianggoro
Senin, 28 Januari 2019 | 16:10 WIB
| SHUTTERSTOCK

Anak ribut dengan kakak atau adiknya? Wajar, kok, yang penting orang tua bisa berlaku adil dan memberikan contoh. Berikut tipsnya.

 

1. Pahami Kebutuhan Masing-Masing

Anak-anak butuh aturan dan batasan yang berbeda sesuai usia mereka. Selama anak merasa disayang dan diperlakukan adil oleh orang tua, mereka tak perlu harus bersaing berebut perhatian dan kasih sayang.

Orang tua sebaiknya meluangkan waktu untuk masing-masing anak, beri mereka pelukan dan senyuman dan jangan membandingkan anak yang satu dengan yang lain.

2. Beri Privasi

Meskipun anak harus belajar berbagi, mereka juga sebaiknya memiliki benda atau privasi yang tak perlu mereka bagi dengan saudaranya. Misalnya mainan atau ruang pribadi.

Baca juga: Begini Tips Mengenalkan Uang Pada Anak Sesuai Usianya

3. Buat Aturan

Buat aturan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah. Jika aturan ini diikuti, tak sulit mengingatkan anak untuk saling menghargai dan menghormati kakak atau adiknya. Libatkan anak saat membuat aturan, tempelkan di tempat terbuka misalnya di pintu lemari pendingin atau di depan kamar mandi.

4. Punya Jadwal

Lebih mudah mengatasi percekcokan anak jika anak memiliki jadwal kegiatan masing-masing, misalnya waktunya bermain video game, program TV mana yang boleh ditonton, siapa yang mandi duluan di pagi hari, dan sebagainya.

| SHUTTERSTOCK

5. Feedback Positif

Amati dan beri feedback positif setiap kali anak menunjukkan perilaku positif. Jika feedback diberikan secara jelas dan spesifik, anak bakal mengulang perialku positif tadi. Misalnya, “Bunda suka kalian mau berbagi dan bermain bersama, lo.”

6. Jadi Role Model

Orang tua merupakan role model utama anak. Jika orang tua pengin anak-anaknya tidak berselisih, beri mereka contoh. Jika orang tua pengin anak mau meminta maaf kepada saudara atau temannya, mereka pun harus mau meminta maaf juga.

7. Orangtua adalah guru

Orang tua adalah guru yang mengajarkan cara menyelesaikan masalah. Mereka mengajarkan bagaimana mengatasi perbedaan dan mengelola perasan marah, melakukan negosiasi, dan bagaimana berlaku adil. Ini akan lebih baik ketimbang orang tua selalu menjadi wasit yang memisahkan anak setiap kali mereka berselisih.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro