There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

4 Langkah Sederhana Memilih Nama Usaha

author
Hasto Prianggoro
Sabtu, 23 Februari 2019 | 18:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Memilih nama atau brand sebuah usaha bukanlah sesuatu yang mudah. Ibarat rumah, nama atau brand adalah batu pertama rumah tersebut. Sekali batu itu diletakkan tepat pada tempatnya, maka rumah itu akan berdiri kokoh dan aman. Begitu pun nama atau brand usaha. Nah, berikut 4 panduan umum yang bisa diikuti.

 

1. Sedikit kepala lebih bagus

Berbeda dengan pengambilan keputusan untuk masalah sosial, semakin banyak orang yang terlibat dalam pemilihan nama sebuah usaha justru kurang tepat. Sebaiknya libatkan hanya orang-orang yang memegang peran penting dalam perusahaan tersebut untuk memilih nama. Pilih mereka yang memang memahami atau terlibat langsung dengan pembentukan usaha tersebut. Terlalu banyak usulan nama bisa-bisa malah menghasilkan nama atau brand yang biasa-biasa saja.

2. Harus menonjol di kategorinya

Jika bisnis yang baru dirintis sudah memiliki banyak kompetitor di kategori yang sama, sebaiknya jangan menggunakan nama yang terlalu menjelaskan bidang bisnis. Bayangkan, apa yang terjadi seandainya Yahoo! memakai nama “GeneralINternetDirectory.com"? Nama ni memang lebih menjelaskan bidang bisnisnya, tetapi susah diingat. Pilh nama yang mudah diingat sekaligus menonjol di kategorinya.

| SHUTTERSTOCK
 

3. Hindari nama yang terlalu pasaran

Mirip dengan nomor 2, hindari memilih kata atau frasa yang sudah banyak dipakai di pasaran. Tak ada yang salah memang, tetapi jadi kurang menjual. Pilih nama yang unik, berbeda dari yang lain, tetapi juga jangan terlalu bertele-tele.

4. Jangan ragu mengganti nama

Banyak pemilik bisnis yang tahu mereka punya masalah dengan nama atau brand mereka, tetapi tidak melakukan apa-apa. Mereka hanya berharap waktu akan memperbaiki performa perusahaan dengan nama yang sama. Padahal, tak ada salahnya mengganti nama atau brand asalkan alasannya memang kuat dan disertai data yang bisa dipertanggungjawabkan. Kentucky Fried Chicken kini lebih dikenal sebagai KFC. Begitupun M3M, perusahaan yang dikenal karena berbagai inovasinya. Siapa yang tahu bahwa nama asli perusahaan ini adalah Minnesota Manufacturing and Mining.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro