There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Agar Cepat hamil, Ikuti 7 Tips Berikut

author
Isna Triyono
Senin, 4 Maret 2019 | 11:06 WIB
SHUTTERSTOCK |

Ketika kamu memutuskan untuk menikah dan ingin segera memiliki momongan, sangat penting untuk mengetahui tips agar cepat hamil.

Meski setiap orang memiliki pengalaman berbeda saat berusaha untuk cepat hamil, namun ada beberapa cara sederhana yang ternyata juga bisa membuat kamu lebih cepat untuk hamil.

1. Siapkan Tubuh yang Sehat

Itu artinya kamu harus lebih memperhatikan asupan gizi, rajin berolahraga dan minum vitamin prenatal. Perbanyak asupan asam folat, nutrisi yang bisa mencegah bayi lahir cacat atau premature.

Baca juga: 7 Tanda Kamu Dalam Masa Subur

Hindari kebiasaan yang bisa mengurangi kesuburan seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan terlalu banyak kafein.

SHUTTERSTOCK |

2. Capai Berat Badan Ideal

Apakah kamu memiliki berat ideal? Berat badan yang ideal bisa mempercepat proses pembuahan. Jika berat badan di bawah standar atau malah kelebihan berat badan, akan menurunkan kesuburanmu. Segera berkonsultasi pada dokter untuk membuat berat badanmu ideal. Menurut grafik BMI, berat badan ideal antara 19-25.

3. Ingatkan Pasangan Untuk Hidup Sehat Juga

Kesehatan laki-laki juga sangat penting untuk kesuburan dan mempercepat proses kehamilan. Obesitas bisa mengganggu produksi sperma, kebiasaan merokok juga sangat mempengaruhi kualitas sperma.

Ingatkan pasangan untuk lebih rajin berolahraga dan mengonsumi banyak vitamin C dan E yang bisa meningkatkan jumlah dan kesuburan sprema. Serta hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat karena bisa membuat suhu di sekitar skrotum meningkat sehingga menurunkan kualitas sperma.

SHUTTERSTOCK |

4. Mulai Cek Masa Subur

Untuk menghitung masa subur dengan tepat, diperlukan penghitungan selama beberapa kali sikulus menstruasi. Masa subur biasanya 14 hari sebelum menstruasi jika kamu memiliki siklus 28 hari.

Sperma dapat hidup selama 5 hari dalam saluran reproduksi, sementara sel telur hanya dapat bertahan 24 jam. Itu artinya 2-3 hari sebelum masa subur, adalah waktu yang tepat untuk berhubungan seks.

5. Jangan Langsung Bangun

Setelah berhubungan seks, sebaiknya jangan langsung bangun agar mempermudah sperma mencapai sel telur. Menurut Pari Ghodsi, dokter ob-gyn di Northlake, Texas, jika langsung berdiri setelah berhubungan seks, sperma akan melawan gaya gravitasi.

Baca juga: Hubungi Dokter Jika Mengalami 7 Hal ini Saat Hamil

SHUTTERSTOCK |

6. Mengurangi Stress

Stress salah satu faktor yang membuat kamu lebih sulit lagi untuk hamil. Kurangi stress, kamu bisa mengajak bicara pada pasangan atau teman yang lebih berpengalaman dalam mencoba program hamil.

7. Menikmati Proses

Kamu enggak perlu setiap saat mencek waktu kesuburan atau membeli test pack setiap haid telat satu hari. Bersantai dan menikmati hubungan seks dengan pasangan justru akan membuat kemungkinan proses pembuahan terjadi lebih tinggi.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono