The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

5 Hal yang Sering Luput Diperhatikan Bikin Rambut Rontok Makin Parah

author
Isna Triyono
Selasa, 5 Maret 2019 | 17:28 WIB
SHUTTERSTOCK |

Semua orang pasti pernah mengalami rambut rontok. Karena fase hidup rambut memang ada saatnya mati dan lepas dengan sendirinya dari kulit kepala. Namun ada 5 hal yang sering luput diperhatikan dan bikin rambut rontok semakin parah.

Alberta Claudia Undarsa, medical doctor dan medical host dd Oz Indonesia, ditemui dalam acara Dove Zona Kuat: Ajakan Inspirasi Wanita Indonesia untuk #KuatDariAkarnya, mengatakan ada orang-orang yang mengalami kerontokan lebih parah.

“Normalnya rambut rontok dalam satu hari adalah 50 – 100 helai. Itu bisa kita lihat ketika keramas atau bangun tidur ada rambut yang menempel di bantal. Tapi jika kerontokannya sudah menggumpal, itu tandanya rambut mengalami kerontokan yang parah,” jelas Alberta saat ditemui di Mal Kota Kasablanka, Selasa (5/3).

Baca juga: 5 Trik Simpel Menata Rambut Tipis

Kerontokan secara garis besar disebabkan oleh batang rambut yang rapuh atau dari akarnya yang kurang nutrisi. “Tapi 70% kerontokan biasanya berasal dari akar rambut yang kurang kuat,” kata Alberta.

Selain harus rutin memberi nutrisi rambut, sambung Alberta, kamu juga harus menghindari 5 hal berikut yang sering luput padahal bikin rambut rontok makin parah. Apa aja itu?

1. Menggaruk Pakai Kuku

Menggaruk memakai kuku bisa membuat kulit kepala rusak dan berpengaruh pada kekuatan akar rambut sehingga bisa lebih mudah terlepas. "Jika gatal, cukup menggaruk menggunakan ujung jari, bukan kuku," kata Alberta.

SHUTTERSTOCK |

2. Mengikat Terlalu Kencang

Mengikat rambut terlalu kencang juga bisa membuat akar rambut cepat rapuh. “Ketika di rumah sebaiknya lepaskan ikatan agar rambut bisa beristirahat,” kata Alberta.

3. Bahan Hijab

Untuk perempuan yang berhijab, sebaiknya pilih bahan hijab yang nyaman dan menyerap keringat. Pilih juga bahan yang memungkinkan rambut tetap mendapat udara untuk ‘bernapas.’

Baca juga: Tiru 7 Beauty Hacks ala Kate Middleton

SHUTTERSTOCK |

4. Massage Rutin

Paska melahirkan, biasanya rambut akan lebih parah mengalami kerontokan. “Sebaiknya lakukan treatment seperti massage agar memperlancar peredaran darah dan membuat akar rambut lebih kuat.”

5. Ingin Hasil Instan

Perawatan rambut dibutuhkan ketelatenan. “Hitungannya bulanan atau tahunan. Jadi kalau rambut rontok, rutinlah menggunakan sampo yang bisa menguatkan ajar rambut dan pakai secara rutin. Jangan mengharapkan hasil yang instan.”

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono