There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

5 Hal Yang Sebaiknya Tak Dilakukan Begitu Bangun Pagi

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 6 Maret 2019 | 19:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Apa yang biasanya langsung kamu lakukan begitu bangun pagi? Coba cek, apakah 5 hal di bawah ini termasuk di dalamnya?

 

1. Langsung mengecek email

Langsung mengecek email begitu bangun tidur bisa membuat kita panik, apalagi jika email yang masuk mengharuskan kita membalasnya meski mata masih setengah terpejam. Ini bukan awal yang bagus untuk memulai hari. Jika memang harus membuka email, pilih waktu dimana kamu sudah benar-benar terjaga. Studi yang dilakukan University of British Columbia menemukan bahwa orang-orang yang membuka email pada jam-jam yang Sudah dijadwalkan akan jauh lebih sehat dan tidak stres dibanding mereka yang bangun tidur langsung buka email.   

2. Menunda berolahraga

Olahraga sore jauh lebih sulit dilakukan ketimbang olaharaga pagi hari. Meeting panjang seharian pasti akan membuat tubuh kelelahan dan stres sehingga tak sempat berolahraga atau pergi ke gym. Lebih baik luangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari. Jika tak punya banyak waktu, lakukan sebisanya, misalnya jalan kaki keliling kompleks.

 

Baca juga: Membiasakan Anak Bangun Pagi, Pakai 7 Cara Ini

 

3. Mandi dengan shower hangat

Mandi dengan shower air hangat begitu bangun tidur memang nyaman, tapi malah membuat tubuh tak segar. Panas dari air akan memberitahu sistem saraf tiba waktunya otot untuk rileks, sementara jantung akan berdenyut pelan sehingga memicu kantuk. Jika memang ingin mandi memakai shower, lakukan sebentar saja dengan air dingin, bukan air hangat. Ini akan memberi sinyal tubuh untuk melepas hormon adrenalin yang membantu membangkitkan mood dan perasaan bersemangat.

| SHUTTERSTOCK
4. Sarapan menu karbohidrat

Penelitian menunjukkan, sarapan menu yang sarat karbohidrat di pagi hari akan membuat perut selalu lapar dan ingin makan. Jadi, sebaiknya konsumsi sarapan yang mengandung protein cukup, misalnya 2 telur dadar. Ini akan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

5. Menggosok gigi setelah sarapan

Menggosok gigi setelah sarapan, apalagi jika menu sarapannya menu yang asam seperti kopi atau buah, bisa membuat gula masuk ke lapisan gigi dan merusak enamel gigi. Sebaiknya, gosok gigi setelah mandi tetapi sebelum sarapan. Minum segelas air putih setelah makan untuk menjaga mulut tetap terasa segar. Atau jika tak terbiasa menggosok gigi sebelum sarapan, tunggu setengah jam setelah sarapan sebelum menggosok gigi.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro