Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

8 Makanan Yang Kandungan Kalsiumnya Lebih Banyak Daripada Susu

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 31 Maret 2019 | 18:01 WIB
| SHUTTERSTOCK

Kalsium tak hanya bagus dan dibutuhkan oleh anak-anak atau remaja, melainkan juga oleh orang dewasa maupun lanjut usia. Kalsium membantu menjaga kesehatan otot, mengatur kerja jantung dan sistem saraf. Selain itu asupan kalsium yang cukup akan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan osteoporosis. Tak hanya susu, banyak makanan atau minuman yang ternyata kandungan kalsiumnya tak kalah dari susu. Ini daftarnya.


1. Ikan salmon

Kan salmon segar maupun kalengan mengandung kalsium lebih dari yang kita bayangkan. Sepotong ikan salmon segar mengandung sekitar380 mg kalsium. Ikan salmon kalengan mengandung lebih banyak lagi kalsium.

2. Keju ricotta

Tigaperempat cangkir keju ricotta mengandung 380 mg kalsium. Buah segar dan keju ricotta bisa menjadi cemilan sehat untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan serat dan kalsium.

Baca juga: 6 Bahan Alami Menjaga Kesehatan Liver

3. Biji chia

Biji kecil ini mengandung banyak kalsium. Sekitar 100 gram biji chia mengandung 630 mg kalsium. Itu artinya 3 sendok makan biji chia memberikan kita kalsium lebih dari segelas susu. Jika pengin rasa yang lebih menyegarkan, tambahkan biji chia ke dalam smoothie atau yoghurt.

4. Ikan sardin

Seperti halnya ikan salmon, ikan sardin juga kaya akan kandungan kalsium. Seekor ikan sardin berukuran sedang mengandung sekitar 370 mg kalsium. Dan karenasardin adalah ikan, tak hanya kalsium yang kita peroleh tetapi juga asam lemak omega-3 dan vitamin D.

5. Almond

Kacang almond diketahui memiliki banyak khasiat kesehatan, salah satunya sebagai sumber kalsium. Tigaperempat cangkir almond mengandung sekitar 320 mg kalsium.

| SHUTTERSTOCK
6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan sumber kalsium yang bagus, terutama sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, daun mustard, bok choy, turnip, dan kale, Jika tak suka atau tak terbiasa makan sayuran hijau, buat jus atau campurkan dengan smoothie atau sandwhich.

7. Tofu

Masak tofu bersama sayuran lain dan hidangkan sebagai menu makan siang atau malam yang menyegarkan dan kita akan mendapat manfaat dari kalsium yang terkandung di dalam tofu.

8. Oatmeal

Setengah gelas oat plain mengandung sekitar 320 mg kalsium. Jika masih kurang, buatlah oat dengan susu almond yang akan menambahkan sekitar 300 hingga 400 mg kalsium.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro