You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

5 Jalan Menjaga Asupan Nutrisi Anak

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 4 April 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Anak usia sekolah butuh banyak energi untuk melakukan berbagai aktivitas mereka. Untuk itu anak butuh asupan makanan sehat yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya. Orang tua bisa memastikan kebutuhan nutrisi anak tercukupi dengan mengikuti 5 tips di bawah ini.

 

1. Selalu sediakan makanan sehat di lemari pendingin

Anak-anak pasti suka ngemil. Tapi, kali ini jangan biarkan mereka ngemil makanan tak sehat yang kaya bahan-bahan kimia.

Sediakan selalu buah-buahan segar, yoghurt, susu, atau keju di dalam lemari pendingin.

2. Jadikan waktu makan sebagai saat yang menyenangkan

Orang tua sebaiknya tidak memaksa anak makan ketika dia tidak lapar, atau memaksa anak makan makanan yang tidak dia sukai. Ini hanya akan membuat makan sebagai hal yang tidak menyenangkan bagi anak.

Jangan juga menjadikan makanan sebagai alat untuk ‘menyogok’ ketika orang tua mau anaknya makan, atau hukuman ketika anak tidak mau makan. Lebih baik ciptakan suasana di meja makan yang menyenangkan sehingga anak mau makan tanpa paksaan dan ancaman.

Baca juga: 3 Jebakan Parenting Yang Wajib Dihindari Orang Tua

3. Beri anak kebebasan memilih makanan

Tak perlu cemas ketika anak memilih-milih makanan atau hanya menyukai jenis makanan tertentu. Selama makanan yang dia suka memiliki kandungan nutrisi yang cukup, biarkan anak memilih sendiri makanannya.

Misalnya untuk bekal ke sekolah, anak selalu memilih membawa roti lapis isi daging ayam dan sehelai selada. Orang tua boleh berpikir untuk berkonsultasi ke dokter ketika anak hanya suka makanan yang tak mengandung cukup nutrisi.

4. Orang tua harus menjadi contoh

Tak peduli seberapa besar anak, dia akan tetap melihat orang tua sebagai contoh. Jika oran gtua lebih suka makanan yang tak sehat, jangan berharap anak akan mau makan makanan sehat.

Jadi, makanlah makanan yang kita juga ingin anak kita makan. Kalau kita pengin anak doyan sayur, kita juga harus doyan sayur. 

5. Tidak apa-apa sesekali anak makan makanan yang manis-manis

Selalu menyajikan menu harian yang kaya kalori dan gula tentu tidak baik. Tetapi jika sesekali membolehkan anak makan makanan atau cemilan yang manis-manis tentu tidak masalah. Misalnya, memberinya cookies, cake atau permen sesekali. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro