I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

6 Ciri Adanya Gangguan Mental

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 11 April 2019 | 16:08 WIB
| SHUTTERSTOCK

Orang seringkali tak sadar, aktivitas sehari-hari bisa memicu kecemasan, stres, dan kemudian depresi. Ini merupakan gangguan mental yang harus segera dicarikan solusinya.

 

1. Menarik diri

Tak lagi punya keinginan untuk kumpul-kumpul sama keluarga atau ikut kegiatan-kegiatan lain bisa menjadi indikasi gangguan mental. Sebetulnya tak masalah untuk menghabiskan waktu sendiri. Tetapi jika biasanya hobi kumpul-kumpul bareng keluarga atau ikut komunitas hobi, kemudian mendadak menarik diri, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahlinya.

2. Jadwal tak konsisten

Mendadak telat masuk kantor, izin nggak masuk, atau membatalkan janji, bisa menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan mental. Orang yang sering tak konsisten dalam hal jadwal kemungkinan mengalami high anxiety, yang bisa berdampak depresi.

Baca juga: 5 Manfaat Luar Biasa Minyak Kelapa Untuk Bayi

3. Belanja berlebihan

Tak ada yang salah dengan berbelanja, apalagi jika dilakukan perempuan. Akan tetapi, berbelanja berlebihan dan terlalu sering bisa saja menjadi tanda adanya masalah kesehatan mental. Perilaku ini biasanya muncul pada orang yang mengalami episode mania.

4. Emosi tak stabil

Silang pendapat akibat ketidaksetujuan bisa memicu kemarahan dan tindakan tak terpuji. Kemarahan dan emosi yang tak stabil merupakan tanda adanya depresi atau gangguan bipolar. Jika perilaku ini sering muncul padahal sebelumnya tidak, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli untuk memperbaiki kondisinya.

| SHUTTERSTOCK
5. Tanpa perhitungan matang

Ini juga salah satu kebiasaan yang umum dialami penderita gangguan bipolar. Tetapi, berbeda dengan orang yang memulai bisnis karena sudah menelaahnya dalam waktu lama, orang-orang dengan gangguan mental ini akan melakukannya tanpa perhitungan matang. Orang-oang ini juga biasanya berbicara lompat-lompat, dari satu topi ke topik lainnya.

6. Kurang atau kelebihan tidur

Kurang tidur atau tidur berlebihan juga merupakan tanda adanya gangguan mental. Gangguan anxiety merupakan gejala kesehatan mental. Gangguan kecemasan akan menyebabkan insomnia atau sulit tidur. Sebaiknya tidur cukup sekitar 7 jam pada malam hari. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro