I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

7 Manfaat Luar Biasa Skin to Skin Untuk Bayi

author
Isna Triyono
Jumat, 12 April 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Menempelkan kulit bayi langsung ke kulit orangtuanya (sikn to skin), bisa ibu atau ayahnya memiliki manfaat yang luar biasa untuk perkembangan bayi.

Kamu bisa langsung melakukan skin to skin contact setelah bayi baru lahir. Caranya, letakkan bayi di atas dada ibu atau ayahnya lalu beri selimut tipis di atas bayi agar kedinginan.

Kebiasaan baik ini bisa kamu teruskan hingga bayi lebih besar lagi.

Berikut ini manfaat luar biasa skin to skin untuk bayi.

Baca juga: 5 Manfaat Luar Biasa Minyak Kelapa Untuk Bayi

1. Perkembangan Otak

Saat skin to skin, tubuh melepaskan hormon oksitosin yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak bayi.

2. Fungsi Jantung dan Paru-Paru

Bayi yang mendapat skin to skin lebih cepat beradaptasi untuk bernapas di luar rahim segera setelah dilahirkan. Bayi juga cenderung memiliki tingkat hantung dan napas yang lebih stabil.

SHUTTERSTOCK |

3. Menstabilkan Suhu Tubuh

Begitu dilahirkan, bayi belum bisa menstabilkan suhu tubuhnya sendiri. Dan suhu tubuh ibunya adalah yang paling ia butuhkan saat itu, dibanding diletakkan dalam kotak incubator.

4. IQ Lebih Tinggi

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, orangtua yang mempraktikkan skin to skin pada bayi premature mereka, bayi akan tumbuh dengan IQ yang lebih tinggi.

5. Perilaku yang Menyenangkan

Dalam penelitian yang sama, ditemukan pula bahwa remaja dari orangtua yang mempraktikkan skin to skin contact lebih sedikit absen di sekolah, agresivitas yang rendah, dan memiliki sikap menyenangkan sebagai teman.

Baca juga: 3 Alasan Air Putih Berbahaya Bagi Bayi

SHUTTERSTOCK |

6. Menenangkan

Saat dilakukan skin to skin, baik pada ibu ataupun ayah, kadar kortisol (hormone stress) pada tubuh bayi menurun secara signifikan. Bayi menjadi lebih tenang dan tidak mudah menangis.

7. Tidur Lebih Nyenyak

Oleh karena sangat menenangkan bagi bayi saat skin to skin, hal itu membuatnya tidur lebih nyenyak. Siklus tidur bayi juga menjadi lebih berkualitas.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono