When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

6 Tips Menghadapi Pasangan Yang Workaholic

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 16 April 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Punya pasangan yang workaholic (gila kerja) bukan soal sepele. Mana yang harus didahulukan, pasangan atau pekerjaan? Nah, tips di bawah ini akan membantu menyelaraskan hubungan meski pasangan tak bisa meninggalkan urusan kantornya.

 

1. Yang penting kualitas, bukan kuantitas

Rumus lama tetapi relevan untuk mereka yang memiliki pasangan yang gila kerja. Tak punya banyak waktu luang bukan berarti hubungan tidak bisa harmonis dan tetap mesra, bukan? Jadi, sesibuk apapun, begitu ada waktu luang, gunakan untuk menjalin kemesraan.

2. Punya pasangan yang gila kerja itu menguntungkan

Daripada mengeluh pasangan tak pernah punya waktu, lebih baik cari sisi positif dari kebiasaan pasangan tersebut. Misalnya, semangat atau motivasi yang dimiliki pasangan yang bisa menular. Atau disiplin yang ditunjukkan pasangan yang bisa juga menjadi contoh dan ditiru.

Baca juga: 7 Tantangan Yang Dihadapi Pasangan Milenial

3. Singkirkan gadget

Gadget sudah menjadi benda wajib di zaman sekarang. Tetapi, untuk kasus pasangan gila kerja ini, sebaiknya lupakan gadget begitu punya waktu berduaan. Lebih baik gunakan waktu untuk pergi keluar berdua, makan malam di restoran favorit, menonton film, dan yang lainnya.

4. Jujur dan terbuka

Bersikap lebih santai menghadapi pasangan yang gila kerja jauh lebih baik. Yang penting masing-masing harus bersikap terbuka dan jujur, tidak antikritik, dan mau mencari solusi bagi kepentingan berdua. Jadi, begitu ada masalah, bisa segera dikomunikasikan dan dicarikan jalan keluarnya.

Baca juga: 6 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Muda

5. Jaga komitmen

Konsep work-life balance bukan sekedar kata benda tetapi kata kerja. Dibutuhkan komitmen masing-masing pasangan untuk menciptakan kehidupan yang seimbang, bukan hanya dalam hal karier tetapi juga dalam hal hubungan cinta.

6. Ambil energi positifnya

Salah satu keuntungan memiliki pasangan yang gila kerja adalah energinya. Nah, bagaimana caranya agar energi positif ini bisa dialihkan juga untuk memperkuat hubungan cinta. Misalnya, setiap kali punya waktu luang, bicarakan semua hal yang berkaitan dengan hubungan. Jika ada masalah, selesaikan, lalu kembali ke rutinitas tanpa ada yang mengganjal.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro