You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Alasan Harus Pakai Krim Malam dan Tips Memilihnya Sesuai Jenis Kulit

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 2 Mei 2019 | 18:00 WIB
| Shutterstock

Apapun jenis kulitmu, penting untuk mengoles krim malam sebelum tidur. Kenapa harus pakai krim malam dan bagaimana tips memilih yang tepat bagi kulit?

Segala jenis perawatan wajah mulai dari pembersih, pelembap hingga sunscreen sudah kamu gunakan, tetapi masih kurang jika belum rutin menggunakan krim malam. Sebab ternyata beberapa “keajaiban” kulit terjadi malam hari.

1.Kulit memperbaiki diri ketika kita tidur.

“Kulit mengikuti ritme sirkadian. Malam adalah saat tubuh beristirahat dan memperbaiki diri. Krim malam membantu menstimulasi kolagen untuk memperbaiki kulit ketika kita tidur,” terang Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan riset klinis dermatologi di Mount Sinai Hospital, NYC.

Baca juga: 4 Kebiasaan Penyebab Kulit Kering

2.Mengembalikan kelembapan yang hilang.

Selain itu, dibanding pagi dan siang hari, kelembapan kulit juga semakin rendah pada malam hari. “Krim malam mengembalikan kelembapan yang berfungsi sebagai pelindung kulit.”

3.Kulit lebih mudah menyerap nutrisi ketika kita tidur.

Ternyata kulit akan lebih mudah menyerap segala perawatan topical yang digunakan pada malam hari saat kita tidur. “Itulah kenapa kebanyakan krim malam teksturnya lebih kental dan formulanya lebih bernutrisi dibanding pelembap di pagi hari,” terang Debra Jaliman, MD, dermatologis dan penulis buku Skin Rules.

Baca juga: Kulit Wajah Sensitif, Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Tidur

 

Lalu bagaimana memilih krim malam yang tepat buat masing-masing jenis kulit?

Kulit Kering

Pilih krim malam dengan kandungan menghidrasi, seperti hyaluronic acid dan gliserin (humektan yang menarik air ke kulit), ceramide (lemak natural pada kulit), shea butter (emolien yang mengunci kelembapan).

Kulit Berminyak/Acne Prone

Gunakan krim malam yang oil free, mengandung formula noncomedogenic seperti salicylic acid, retinol (membantu eksfoliasi dan melawan jerawat), atau niacinamide (bentuk vitamin  yang mengurangi kemerahan dan mengatasi noda hitam).

Baca juga: Mencari Concealer Untuk Kulit Acne Prone? Ini Pilihannya

Kulit Dengan Hiperpigmentasi

Dermatologis Meghan Feely, MD menyarankan kandungan niacinamide dan soya untuk mengatasi hiperpigmentasi.

Kulit Dengan Tanda Penuaan

Retinol jadi yang terbaik melawan garis-garis halus dan keriput. Retinol menstimulasi sel kulit untuk memperbaiki produksi kolagen. Memang retinol sedikit mengiritasi, tetapi kamu bisa memakainya secara bertahap, misalnya hanya 2-3 kali seminggu lalu meningkat. Jangan lupa gunakan sunscreen di pagi harinya.

Kulit Sensitif

Hindari krim malam yang berparfum karena bisa mengiritasi kulit. Gunakan yang mengandung ekstrak botani, misalnya ekstrak oat yang bisa mengurangi inflamasi.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi