When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

4 Langkah Mudah Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

author
Isna Triyono
Senin, 6 Mei 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Hampir semua ibu yang hamil dan melahirkan, punya problem kenaikan berat badan.

Beberapa di antara, bisa dengan mudah menurunkan berat badan setelah melahirkan. Tetapi ada juga yang kesulitan kembali langsing.

Sebenarnya, dari semua keinginan menurunkan berat badan, yang paling penting adalah tetap menjaga suplay ASI untuk bayi tercukupi.

Alih-alih ingin segera langsing dan melakukan diet ketat, produksi ASI untuk bayi malah terganggu karena berkurang.

Baca juga: Awas, Ini Efek Telat Makan Saat Hamil!

Kamu bisa tetap kok berusaha menurunkan berat badan namun dengan cara yang benar dan perlahan.

4 langkah mudah ini bisa kamu praktikkan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan tanpa mengganggu produksi ASI.

SHUTTERSTOCK |

1. Jauhi Karbohidrat Olahan

Contoh karbohidrat olahan antara lain roti, keripik, granola, sereal, protein/makanan pengganti berbentuk bar, dan juga permen.

Menghilangkan karbohidrat olahan dalam menu diet akan membantu menyeimbangkan gula darah dan menyisakan ruang untuk karbohidrat padat nutrisi yang baik untuk ibu dan bayi. Pada akhirnya kamu makan lebih sedikit jumlah kalorinya.

 

SHUTTERSTOCK |

2. Makan Karbohidrat Utuh atau Alami

Karbohidrat alami sangat membantu dalam penurunan berat badan. Beberapa karbohidrat alami yang juga membantu penyembuhan pasca melahirkan antara lain ubi jalar, havermut, beri, biji gandung, beras merah, kacang polong.

Daftar makanan tadi bisa membuat kamu kenyang karena kaya serat dan nutrisi. Rasa lapar akibat menyusui berasal dari kebutuhan nutrisi yang lebih banyak, tidak harus kalori.

Baca juga: Berkaca Dari Anggota KPPS yang Keguguran, Ini Bahaya Kelelahan Bagi Ibu Hamil

 

SHUTTERSTOCK |

3. Kurangi Susu dan Produk Turunannya

Produk susu seperti susu, krim, yogurt, dan keju sering dilaporkan sebagai sumber protein tanpa lemak. Produk susu menyebabkan lonjakan insulin dan menyebabkan peningkatan pertumbuhan masa otot dan lemak.

Namun jika kamu merasa berat tubuhmu sudha mendekati dieal, kamu bisa memasukkan susu dan produk turunannya ke dalam menu makanmu.

 

SHUTTERSTOCK |

4. Berjalan 45 Menit Sehari

Olahraga ringan ini, berjalan 45 menit sehari sangat ampuh membantu menurunkan berat badan. Kamu bisa berjalan sambil menggendong bayi atau mendorongnya dalam stroller keliling perumahan.

Berjalan sangat membantu untuk pembakaran lemak dan penyembuhan pasca melahirkan.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono