Everyone has inside of her a piece of good news. The good news is that you don’t know how great you can be, how much you can love, what you can accomplish, and what your potential is.
Anne Frank

8 Alasan Umum yang Bikin Bayi Menangis

author
Isna Triyono
Selasa, 14 Mei 2019 | 11:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Menangis adalah satu-satunya cara bayi untuk berkomunikasi.

Pada dasarnya, tangisan bayi adalah seruan untuk minta tolong atau membutuhkan sesuatu.

Biasanya seorang ibu akan mudah memahami arti tangisan bayi seiring berjalannya waktu. Tapi untuk new mom, biasanya sedikit bingung menghadapi bayi yang menangis.

Nah berikut ini 8 alasan yang bikin bayi menangis. Saat bayi kamu menangis, kamu bisa cek satu per satu 8 alasan berikut ini sampai mengetahui penyebabnya dan bisa menenangkan bayi.

Baca juga: Sebelum Memakaikan Bayi Bandana, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Bahaya!

1. Lapar

Ini adalah alasan paling utama bayi menangis. Jika bayi menangis, cobalah untuk diberikan susu. Jika tangisannya tak kunjung berhenti, cobalah cek alasan berikutnya.

2. Ngantuk

Ngantuk dan lelah juga bikin bayi menangis. Jika setelah diberi susu masih tetap menangis, cobalah untuk menidurkannya.

Ganti pakaiannya dengan yang lebih nyaman, redupkan lampu, atau beri suara menenangkan.

SHUTTERSTOCK |

3. Ganti Popok

Popok yang basah atau penuh juga bisa membuat bayi menangis. Kebanyakan bayi merasa tidak nyaman dengan popok yang basah.

4. Kepanasan atau Kedinginan

Suhu yang kurang nyaman juga bisa membuat bayi menangis. Pastikan bayi memakai pakaian yang cocok dengan udara atau suhu di lingkungan sekitar.

5. Ruam Popok

Ruam popok kerap dialami oleh bayi. Jika mulai timbul kulit kemerahan di area popok, segera beri salep untuk meredakannya. 

Baca juga: Bayi Memakai Popok Kain, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui

6. Gas

Saat minum susu, biasanya gas juga akan ikut masuk ke dalam perut bayi. Itu yang membuat perut bayi kembung (kolik), keras dan merasa tidak nyaman.

Pastikan selalu membuat bayi bersendawa setiap selesai minum susu untuk mencegah kolik.

7. Tumbuh Gigi

Gusi akan mengalami pembengkakan dan robek sebagai tempat tumbuhnya gigi pertama bayi. kondisi ini selalu membuat bayi rewel dan mudah menangis. Beri gel pereda sakit pada gusi.

8. Sembelit

Perut yang kurang nyaman karena susah BAB. Kamu bisa memijat bayi dengan kondisi telentang dan mengurut pelan bagian kaki untuk membuatnya rileks.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono