If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Sembelit Setelah Melahirkan, Ini Cara Mengatasinya

author
Isna Triyono
Kamis, 16 Mei 2019 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kebanyakan perempuan setelah melahirkan akan mengalami sembelit.

Faktornya yang menyebabkannya bermacam-macam, misalnya berkaitan dengan apa yang terjadi pada tubuh selama hamil.

Atau hal sepele, misalnya kamu yang menunda-nunda BAK karena khawatir vagina akan terasa sakit setelah melahirkan normal.

Biasanya sembelit setelah melahirkan bisa diatasi sendiri di rumah. berikut beberapa tips sederhana mengatasi sembelit setelah melahirkan.

Baca juga: 5 Vaksin yang Harus Didapat Sebelum hamil

1. Makan dengan Baik

Perbanyak makan makanan berserat tinggi seperti sereal, gandum, beras merah, kacang-kacangan, sayuran, dan juga buah-buahan. Makan makanan berserat tinggi membuat BAB lebih mudah.

SHUTTERSTOCK |

2. Minum Banyak Air

Minum air putih sekitar 6-8 gelas sehari. Makan makanan berserat tinggi akan menyerap air yang kamu minum dan bisa membuat feses lebih lunak.

3. Jangan Ditunda

Ketika kamu merasa harus ke belakang, jangan ditunda. Karena semakin kamu menunda untuk BAB, mungkin karena khawatir merasa sakit lagi, justru akan membuat kamu semakin lama mengalami sembelit.

Baca juga: 6 Gejala ‘Aneh’ Tapi Wajar yang Muncul Selama Kehamilan

SHUTTERSTOCK |

4. Jalan Santai

Jika persalinan normal, mungkin anjuran berjalan-jalan santai akan terdengar biasa. Tapi bagi perempuan yang pasca operasi Caesar akan merasa khawatir.

Tapi berjalan santai dengan rutin dan bertambah durasinya akan meringankan sembelit.

5. Konsultasi Dokter

Konsultasikan pada dokter apakah kamu memerlukan pelunak feses misalnya karena mengalami luka robek yang cukup parah saat persalinan normal.

Jika sudah sangat mengganggu, sebaiknya mintalah obat agar sembelit tidak membuat kamu stress dan mempengaruhi produksi ASI.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono