When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

5 Cara Bijak Mengelola THR

author
Isna Triyono
Rabu, 22 Mei 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

THR menjadi salah satu hal yang paling ditunggu jelang Lebaran seperti saat ini.

Banyak orang yang sudah punya segudang rencana dan keinginan untuk menggunakan uang THR ini. Mulai dari beli baju Lebaran, ongkos mudik, hingga liburan.

Nah, supaya THR enggak hanya numpang lewat di rekening bank kamu, ada baiknya menggunakan THR dengan bijak.

Berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan uang THR.

Baca juga: Bijak Manfaatkan Promo Saat Ramadan

1. Tidak Mencampur THR dan Gaji

Perencana keuangan, Ligwina Hananto menyarankan agar memisahkan gaji dan THR. “Karena gaji digunakan untuk biaya operasional sehari-hari. Sementara THR hanya digunakan untuk keperluan yang muncul tiap Lebaran, misalnya mudik, beli baju Lebaran, dan lain-lain, “ kata Wina.

Jika gaji dan THR dicampur, kita cenderung berpikir masih banyak uang di rekening dan pengeluaran bisa tidak terkontrol. “Selesai Lebaran, kita akan kelimpungan karena masih ada sisa hari yang butuh biaya juga.”

2. Sisihkan 10-20 % Untuk Ditabung

Begitu uang THR masuk ke rekning, segera pisahkan 10-20 % untuk ditabung. Ini adalah kesempatan kamu untuk menabung lebih banyak dari biasanya.

SHUTTERSTOCK |

3. Bikin Perencanaan Alokasi THR

Alokasi utama adalah untuk kebutuhan selama Lebaran, misalnya mudik, bingkisan dan angpao untuk kerabat, atau sajian Lebaran.

Dengan membuat alokasi, kamu bisa mengontrol uang THR yang harus keluar. Dengan begitu, risiko ‘kebobolan’ bisa ditekan.

Baca juga: Atur Pengeluaran di Bulan Puasa Supaya Tidak Jebol

4. Jangan Dihabiskan

Mentang-mentang namanya uang tunjangan hari raya, maka kamu bisa menggunakan semuanya untuk keperluan Lebaran. Anggapan uang THR harus dihabiskan itu salah.

SHUTTERSTOCK |

5. Sisihkan Untuk Dana Sosial

Selama bulan Ramadan dan Lebaran, biasanya keinginan orang untuk berbagi dengan kaum kurang mampu jadi lebih tinggi. Sisihkan THR untuk membayar zakat dan berbagai dengan kaum duafa.

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono