If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Yuk, Hitung Asupan Kalori Saat Lebaran

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 29 Mei 2019 | 17:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Lebaran berarti saatnya mencicipi bermacam-macam hidangan yang tinggi kalori. Bagaimana menyiasatinya?

 

Kalori adalah energi yang dibutuhkan tubuh agar bisa beraktivitas dan menjalankan fungsinya dengan baik. Kalori diperoleh dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi dan dibakar melalui aktivitas sehari-hari.

Berapa jumlah kalori yang kita butuhkan? Kebutuhan kalori berbeda-beda pada setiap orang, tergantung jenis kelamin, umur, berat badan, kegiatan fisik, keadaan fisiologis (misalnya ibu hamil), dan sebagainya. Secara umum, laki-laki membutuhkan 2500 kalori per hari, sementara perempuan 2200 kalori per hari.

Pada perempuan, asupan kalori bisa dibagi 3, yakni makan pagi 20%, makan siang dan makan malam 30%, sisanya 2 kali snack pagi dan sore, masing-masing 10%. Pada laki-laki pembagiannya juga sama, hanya saja jumlah kalorinya lebih banyak.

Baca juga: Beberes Rumah Sambut Lebaran

Bagaimana menghitung kalori pada saat Lebaran? Menu hidangan Lebaran umumnya bersantan, manis, tinggi kalori, dan lemak. Opor ayam, es buah, rendang, sambal goreng labu atau  minuman bersoda adalah contoh menu wajib saat Lebaran. Opor ayam memiliki komposisi daging ayam, santan, minyak, dan bumbu. Yang paling tinggi menyumbang kalori adalah santan. Satu porsi opor ayam sekitar 200 gram mengandung 700 kalori, yang artinya untuk satu kali makan pagi pun sudah kelebihan kalori.

Untuk menyiasatinya, lebih baik pilih opor ayam tanpa kuah. Ambil daging ayamnya saja atau ambil dalam porsi kecil. Satu porsi daging ayam hanya mengandung 200 kalori. Contoh lain, satu potong rendang kering dengan berat 337 gram mengandung sekitar 897 kalori.

| SHUTTERSTOCK
Minumannya, satu gelas es buah berukuran 200 ml mengandung sekitar 183 kalori. Satu gelas minuman bersoda mengandung 300 kalori. Padahal, isinya hanya gula, tinggi kalori,  tanpa kandungan gizi lain. Lebih baik pilih air putih atau es buah dalam bentuk punch buah-buahan segar. Hindari buah kalengan karena sudah diawetkan dan ditambah zat pengawet. 

Begitu pun kue-kue Lebaran. Satu porsi kue nastar keju 100 gram mengandung 139 kalori, sementara satu iris brownies 100 gram kandungan kalorinya bisa 671 kalori. Porsi makanan saat Lebaran sebaiknya dikurangi. Pilih sayuran tidak bersantan atau ganti dengan lalapan atau buah. Pilih lauk yang tidak digoreng, seperti pepes ikan atau ayam panggang yang tidak mengandung lemak.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro