Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

10 Cara Sederhana Memperkuat Bonding dengan Bayi

author
Isna Triyono
Selasa, 25 Juni 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Membangun ikatan dengan bayi memang sudah menjadi naluri seorang ibu.

Tapi cara-cara sederhana berikut ini juga bisa semakin memperkuat bonding dengan bayi.

1. Menatap Matanya

Saat sesi menyusui, tatap mata bayi. Kontak mata selama menyusui membantu bayi mengenal ibunya dan menciptakan rasa aman.

SHUTTERSTOCK |

2. Jauhkan Gadget
Saat bersama bayi, jauhkan gadget agar fokus dan perhatian kamu tidak terbagi. Bayi bisa lo merasakan kalau kamu enggak fokus saat sedang bersamanya.

Baca juga: Agar Stroller Awet, Ini Tips Merawatnya

3. Memberi Pijatan

Bukan cuma menyehatkan untuk bayi, bonding antara ibu yang memberi pijatan pada bayi juga semakin kuat. Ibu merasa menjadi ‘superhero’ dan bayi senang dibelai ibunya.

4. Menatap Cermin Bersama

Gendong bayi dan hadapkan pada cermin. Meski bayi belum mengerti, namun menatap cermin berdua dengan bayi, membuatnya belajar ada makhluk lain yang sangat sayang kepadanya.

5. Mendengarkan Detak Jantungnya

Saat masih di dalam perut, kamu pasti sangat excited mendengarkan detak jantung bayi. nah kamu pun tetap bisa mendengarkan detak jantung bayi sekarang dan membuat kamu lebih menghargai kehadirannya.

6. Santai Merespon Perkembangan Bayi

Saat bayi tidak menunjukkan perkembangan sesuai dengan usianya, enggak perlu stress karena masing-masing bayi punya kemampuan berbeda. Jika respon kamu terlalu berlebihan, justru membuat jarak dengan bayi dan tidak menikmati perkembangan lainnya yang ditunjukkan bayi.

Baca juga: 5 Trik Memberi Obat pada Bayi Tanpa Drama

7. Respon Ketika Bayi Menangis

Terutama selama tiga bulan pertama kehidupannya, bayi perlu mengetahui bahwa kamu selalu ada untuknya. Menggendong bayi ketika ia menangis membantu rasa kepercayaannya padamu.

SHUTTERSTOCK |

8. Peluk dan Cium

Lakukan kontak fisik sesering mungkin dengan bayi. Memeluk dan cium bayi, sangat menyenangkan bagi kedua belah pihak.

9. Biarkan Berantakan

Setiap hari kamu dihadapkan pada pilihan, membereskan rumah atau menghabiskan waktu berpelukan dan bercanda dengan bayi? Sebaiknya, perbanyak waktu bersama bayi karena itu lebih penting daripada membereskan rumah.

10. Play Date

Bosan di rumah? kamu bisa pergi keluar rumah hanya berduaan dengan bayi. It’s play date ibu dan anak. Kalau ingin play date yang santai, kamu bisa nongkrong bersama bayi di coffee shop atau yang sedikit ‘menantang’ dengan pergi ke kebun binatang misalnya.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono