Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Posisi Bayi Sungsang Jelang Persalinan? Lakukan Gerakan Ini

author
Isna Triyono
Selasa, 3 September 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Idealnya, bayi menjelang persalinan sudah berada di posisi anterior.

Posisi anterior adalah ketika kepala bayi sudah mendekati pelvis dan wajahnya menghadap ke punggung kamu. Dengan posisi ini, bayi bisa dilahirkan dengan cara normal.

Sayangnya, pada beberapa kasus, posisi bayi sungsang yaitu bagian kepalanya berada di dekat dada kamu sementara bokong bayi berada di dekat pelvis.

Jika mengalami kasus seperti ini, kamu bisa melakukan gerakan-gerakan berikut ini untuk merangsang bayi agar mengubah posisinya ke posisi ideal.

Baca juga: Jangan Dihisap Pakai Mulut, Ini Cara Gunakan Alat Penyedot Ingus Bayi

1. Berlutut dengan Tangan Sebagai Penyangga

Ambil posisi berlutut lalu gunakan kedua tangan sebagai penyangga, seperti sedang bersujud. Lalu angkat bagian panggul agar posisi rahim lebih tinggi dari bagian kepala.

Dalam posisi seperti ini, dorong tubuh ke depan dan kebelakang secara perlahan. Lakukan selama 5-10 menit. Istirahat sebentar lalu kamu bisa ulangi lagi.

2. Posisi Push Up

Mulai dengan posisi berlutut lalu rentangkan kedua tangan ke lantai. Kemudian bawa tububh ke bawah sehingga kaki lebih tinggi dai kepala.

Demi keamanan, kamu bisa melakukan posisi push up di atas matras atau kasur agar perut tidak langsung membentur lantai jika kamu kelelahan.

3. Mengepel Lantai

Cobalah untuk mengepel lantai tanpa menggunakan tongkat pel. Lakukan dengan cara berjongkok, lutut sebagai tumpuan dan tangan yang bergerak mengepel lantai.

Baca juga: Bayi Selalu Menangis Saat Dimandikan? Lakukan 5 Hal Ini

4. Telentang dengan Bantal di Pinggul

Ambil posisi tidur telentang lalu letakkan bantal di bagian bawah pinggul. Posisi ini membuat bagian kepala lebih rendah dari pinggul. Tahan di posisi ini selama kamu bisa.

5. Berenang

Berenang sangat baik bagi ibu hamil. Saat berenang, tubuh kamu akan lebih lentur dan tak menahan beban untuk bergerak. Kondisi ini membuat janin di dalam rahim juga bisa lebih mudah untuk mengubah posisinya.

6. Jalan Kaki

Selain bagus untuk melancarkan peredaran darah, jalan kaki santai juga bisa membantu bayi berubah ke posisi ideal untuk dilahirkan. Lakukan jalan kaki secara rutin minimal 20-30 menit.

 

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono