The formula of happiness and success is just being actually yourself, in the most vivid possible way you can.
Merryl Streep

Hamil Kembar Harus Makan Dua Kali Lipat?

author
Hasto Prianggoro
Senin, 28 Oktober 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Hamil kembar bukan berarti porsi makan harus dua kali lipat, lho. Yang penting nutrisi tercukupi.

 

Banyak yang mengatakan bahwa hamil bayi kembar membutuhkan asupan 2 kali lipat dari biasanya. Faktanya, ibu hamil kembar hanya butuh tambahan asupan sebanyak 600 kalori per hari. Itu kira-kira sama dengan 2 cangkir susu skim dan roti lapis keju, atau 2 mangkok sereal dengan susu dan pisang. Sebetulnya, nutrisi apa saja yang dibutuhkan perempuan yang tengah hamil kembar?

Baca juga: Batuk Saat Hamil, Berpengaruh Pada Janin?

Energi dari karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks memberi ibu hamil energi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin di kandungan. Karbohidrat kompleks juga dilengkapi serat, yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Sembelt sendiri memang sering menjadi masalah bagi ibu hamil. Kandungan karbohidrat kompleks bisa diperoleh dari buah dan sayuran, gandum utuh seperti oat, beras merah, roti gandum, mauun pasta.

Protein dan zat besi untuk pembentukan darah

Salah satu manfaat protein adalah meningkatkan produksi darah, khususnya protein yang mengandung zat besi yang mudah diserap tubuh. Sumber protein dan zat besi yang bagus ada pada daging merah, daging ayam, kerang, dan sebagainya. Jumlah darah akan meningkat selama kehamilan untuk menyuplai janin. Sumber protein sehat rendah lemak bisa ditemukan pada daging rendah lemak, tofu, kacang-kacangan, putih telur, ikan, dan sebagainya.

| SHUTTERSTOCK
Kalsium agar tulang kuat

Ibu hamil butuh kalsium, tak hanya agar tulang dan gigi sehat dan kuat, tetapi juga untuk pembentukan otot. Susu, keju, dan yoghurt merupakan sumber kalsium yang baik. Sayuran berdaun hijau tua juga bagus kandungan kalsiumnya, meski tak sebesar susu maupun keju.

Lemak sehat agar ibu dan janin sehat

Meski ada lemak jahat, ibu hamil dan janin butuh lemak agar tetap sehat. Tentu, pilih sumber lemak sehat seperti minyak sayur, minyak zaitun, maupun kacang-kacangan.

Snack boleh, asal…

Sumber kalori juga bisa diperoleh dari snack atau camilan. Tentu, camilannya bukan sekantung keripik kentang atau gula-gula, ya. Pilih sereal, buah, atau yoghurt rendah lemak. Tambahan 500 kalori juga bisa diperoleh dari 25 buah almond (220 kalori) dan setengah mangkuk kecil buah beri kering (280 kalori). Atau setengah cangkir kacang (410 kalori) dan 1 buah jeruk ukuran besar (90 kalori). Pastikan camilan tidak mengandung garam berlebihan karena garam akan mengikat air sehingga tekanan darah naik, yang tentu tidak bagus buat ibu hamil maupun janin.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro