Kekecewaan itu harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.
Sri Mulyani

6 Tips Agar Rajin Minum Air Putih

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 6 November 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Berapa banyak air yang biasanya kamu minum setiap hari? Nah, tips di bawah ini bisa membantu kita agar selalu ingat untuk minum.

 

Kenapa air disebut sebagai “source of life” atau “sumber kehidupan?” Ini karena air penting untuk mendukung fungsi-fungsi tubuh seperti mengatur suhu tubuh, melumasi sendi dan tungkai, hingga membantu pencernaan atau menjaga kelembapan kulit. Itu sebabnya, kekurangan cairan (air) bisa membuat kulit dan tubuh bermasalah.

Cara termudah untuk menjaga kecukupan air bagi tubuh adalah dengan banyak-banyak minum. Toh, masih banyak orang yang mengabaikan kebutuhan cairan bagi tubuh. Nah, agar kebutuhan air tercukupi, tips berikut akan membantu kita untuk cukup minum.

Baca juga: 10 Tanda Tubuh Kekurangan Cairan 

1. Air terbaik adalah air putih biasa. Jadi, jangan terlalu sering minum selain air putih biasa, seperti soda, kopi, teh, dan sebagainya. Selain mengandung gula atau bahan tabahan lainnya, minuman-minuman tersebut juga bisa memicu berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, dan sebagainya.

2. Setel alarm untuk mengingatkan kita waktunya minum. Misalnya, alarm disetel setiap jam sekali sehingga meskipun kita hanya minum segelas kecil air, jumlah yang masuk per hari cukup ntuk mencukupi kebutuhan tubuh.

3. Selain air putih, kita juga bisa mendapat asupan cairan dari buah atau sayuran yang banyak mengandung air seperti semangka (mengandung 92% air), tomat (95% air), juga telur (74% air).

| SHUTTERSTOCK
4. Cara terbaik mengingatkan kita untuk rajin minum adalah dengan membawa botol minum sediri. Bawalah botol minum atau tumbler yang mampu membawa air cukup banyak, sesuai kebutuhan per hari, misalnya botol ukuran 1 liter.

5. Minum dua gelas air setiap kali melakukan perawatan wajah, misalnya pagi sebelum mulai beraktivitas dan malam hari sebelum berangkat tidur. Tak perlu gelas besar, yang penting rutin minum di saat-saat tersebut. Di malam hari sebaiknya juga jangan terlalu banyak minum, karena bisa membuat kita sering ke toilet untuk buang air kecil.

6. Biasanya, air es menjadi pilihan ketika cuaca di luar sedang panas-panasnya. Tak ada salahnya memasukkan es batu ke dalam botol minuman yang kita bawa, sehingga air di dalamnya akan tetap dingin.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro