Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Gigi si Kecil Geripis? Ini Cara Merawatnya

author
Isna Triyono
Selasa, 12 November 2019 | 11:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kesehatan mulut dan gigi ternyata harus sudah dimulai sejak anak masih bayi.

Jika terlambat menyadarinya, si kecil bisa punya gigi geripis atau gigis, yang biasanya ditandai ciri fisik gigi kecokelatan hingga kehitaman.

Kerusakan pada gigi bayi dan anak kecil ini, umumnya disebabkan karena kebiasaan menyusu menjelang tidur hingga terus tertidur dengan botol masih menempel di mulut, sering makan makanan manis, dan jarang membersihkan gigi.

Akibatnya, bakteri akan menggerogotu enamel gigi sehingga lama-kelamaan mengikis dan merusak gigi. Pada kondisi parah, gigi akan membusuk dan berwarna hitam.

Baca juga: Yuk, Sensory Play Bikin Sendiri di Rumah Untuk si Kecil

Jika gigi si kecil geripis atau gigis, berikut cara merawatnya.

1. Minum Susu Dengan Gelas

Menginjak usia 12 bulan, mulai ajari anak minum susu dengan gelas. Kondisi anak tertidur dengan botol susu di mulutnya membuat bakteri cepat berkembang biak dalam mulut.

2. Minum Air Putih

Biasakan anak untuk selalu minum air putih setelah minum susu, jus, atau makanan manis lainnya. Tujuannya agar ‘mencuci’ permukaan gigi dari minuman dan makanan manis yang merusak enamel gigi.

Baca juga: Ini Panduan Pola Makan Bagi Batita

3. Kumur Air Hangat dan Garam

Jika anak mulai mengeluh giginya sakit, cobalah untuk berkumur dengan air hangat yang dicampur garam. Namun pastikan anak sudah bisa berkumur dan membuang airnya.

4. Sikat Gigi Secara Teratur

Sebaiknya biasakan anak untuk menyikat gigi sejak gigi susu pertamanya tumbuh.

5. Cek Gigi ke Dokter

Bawa anak untuk cek rutin gigi sejak usianya 1 tahun agar bisa mencegah kerusakan gigi.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono