If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Redakan Pegal Hingga Lancarkan Persalinan, Ini Sederet Manfaat Kurma Muda Bagi Bumil

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 29 April 2020 | 15:18 WIB
Kurma muda | SHUTTERSTOCK

 

Kurma muda yang berwarna kuning, bertekstur lebih keras, dan lebih sedikit mengandung gula ini kaya nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Bunda mungkin sudah pernah mendengar, buah kurma muda dikenal sebagai buah yang bisa meningkatkan peluang kehamilan.

Kurma muda memang kaya vitamin B6 yang berfungsi menyeimbangkan kadar hormon kesuburan, yaitu progesteron dan estrogen. Kurma muda juga kaya vitamin C yang berpengaruh dalam proses ovulasi dan meningkatkan gerakan sperma.

Sayangnya belum ada penelitian terkait hal tersebut. Meskipun demikian kurma muda tetap sangat baik dikonsumsi oleh perempuan, terutama saat hamil. Berikut ini sederet manfaat kurma muda bagi bumil.

1.Cegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah membuat tubuh bumil sering kelelahan dan merasa pusing. Kurma muda kaya zat besi yang berfungsi membantu pembentukan sel-sel darah merah.

 

Baca juga: Waspada, 4 Bahaya Anemia Saat Kehamilan

 

2.Cegah Sembelit

Dalam 100 gram kurma muda terkandung 7 gram serat yang bisa mencegah bumil dari sembelit atau konstipasi.

 

Baca juga: Wasir Saat Hamil? Ini Tips Meredakannya

 

3.Kaya Antioksidan

Antioksidan flavonoid, carotenoid serta asam phenolic menangkal radikal bebas yang membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin, serta mengurangi risiko diabetes dan menyehatkan jantung.

 

4.Memperlancar Persalinan

Kandungan hormon oksitosin dan tannin pada buah kurma muda bisa merangsang pembukaan jalan lahir dan kontraksi sehingga mempermudah persalinan.  

Dalam sebuah penelitian, bumil yang mengonsumsi kurma muda jelang persalinan lebih sedikit membutuhkan induksi dibanding yang tidak makan kurma.

 

| SHUTTERSTOCK

 

5.Sumber Energi

Bumil membutuhkan banyak energi, terlebih menjelang persalinan. Buah kurma muda mengandung gula alami sebagai sumber energi yang baik bagi bumil. Dalam 100 gram kurma muda mengandung 277 kkal energi, 1,8 gram protein, 15 mcg folat.

 

6.Menjaga Kadar Gula

Kurma muda memiliki indeks glikemik rendah sehingga meski rasanya manis kandungan gulanya tidak meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

 

7.Melancarkan ASI

Oksitosin dalam kurma muda merangsang produktivitas ASI serta meningkatkan kualitasnya. Cocok dikonsumsi sejak trimester ketiga untuk persiapan menyusui.

 

Baca juga: Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Tips Mengatasinya

 

8.Redakan Pegal

Terutama pada trimester ketiga, bumil kerap merasa pegal-pegal karena kandungan yang semakin besar.

Kurma muda kaya kalium yang menjaga keseimbangan air dan garam dalam tubuh, menjaga tekanan darah, meredakan pegal dan kram otot.

 

Selamat mencoba, Bumil!

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi