Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Hilangkan Ketombe Dengan 4 Masker Alami Ini

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 10 Mei 2020 | 12:00 WIB
ketombe | SHUTTERSTOCK

 

Masker berbahan alami patut dicoba untuk mengatasi kulit kepala yang terasa panas dan gatal karena ketombe

 

Aloe Vera Cuka Apel

Kedua bahan ini bermanfaat menguatkan akar rambut dan mengatasi rasa gatal karena ketombe.

Haluskan daging lidah buaya lalu campur dengan satu sendok makan cuka apel. Oleskan pada kulit kepala dan pijat-pijat hingga meresap. Diamkan 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Madu Oatmeal

Oatmeal bermanfaat bagaikan scrub yang membersihkan kotoran dan ketombe di kulit kepala, sedangkan madu mempertahankan kelembapan alami kulit kepala dan membunuh bakteri penyebab ketombe.

Campur dua sendok makan madu dengan ½ cangkir oatmeal. Oleskan dan pijat-pijat di kulit kepala. Diamkan 30 menit, lalu keramas dengan air dingin.

 

Baca juga: Bebas Kusam Dengan 5 Masker Rambut Homemade Berbahan Buah

 

Minyak Zaitun Putih Telur

Minyak zaitun membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala dan putih telur membersihkan kotoran dan bakteri penyebab ketombe.

Kocok rata satu sendok makan minyak zaitun dengan sebutir putih telur. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan 20 menit hingga mengering, lalu keramas dengan air hangat.

 

Baca juga: 3 Variasi Masker Yoghurt Untuk 3 Masalah Rambut

 

Lemon Yoghurt

Ketombe bisa disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang terlalu lembap atau justru terlalu kering. Lemon bersifat antiseptik dan yoghurt menjaga kelembapan alami kulit kepala.

Campur satu sendok makan perasan lemon dan ½ cangkir yoghurt plain yang telah didinginkan dalam lemari es. Oles merata pada kulit kepala lalu pijat-pijat hingga merasap. Diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

 

Coba, yuk!

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi