A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Muncul Benjolan di Belakang Telinga Anak, Pertanda Apa?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 14 Mei 2020 | 17:06 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Bunda pasti khawatir ketika si kecil mengeluhkan benjolan sebesar kelereng yang tiba-tiba muncul di belakang telinganya. Apakah kondisi ini membahayakan?

Benjolan yang tiba-tiba muncul di belakang telinga umumnya merupakan kelenjar getah bening yang membengkak sebagai respons dari sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Kelenjar getah bening mengandung sel-sel limfosit yang menghasilkan zat antibodi untuk melawan virus, bakteri, atau kuman penyebab infeksi.

 

Infeksi yang umumnya menyebabkan kelenjar getah bening membengkak di antaranya:

1.Radang tenggorokan.

2.Infeksi telinga.

3.Masalah pada mulut dan gigi, seperti mau tumbuh gigi atau gusi bengkak.

4.Luka infeksi pada bagian kepala, leher, atau di sekitar area yang bengkak.

5.Flu.

6.Sinusitis.

 

Baca juga: 8 Makanan Pencegah Radang

 

Jadi, benjolan di belakang telinga anak akibat pembengkakan kelenjar getah bening bukan suatu kondisi yang membahayakan, melainkan pertanda antibodi sedang bekerja menahan virus atau bakteri penyebab infeksi.

 

Baca juga: 5 Cara Redakan Sakit Telinga Saat Flu

 

Normalnya, benjolan akan mengecil dan hilang dengan sendirinya dalam 3-4 hari, tidak menimbulkan rasa sakit, dan anak tetep bisa beraktivitas normal.

Namun anak terkadang merasa kurang nyaman dan sering memegang-megang benjolan tersebut. Maka yang bisa Bunda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Jika si kecil merasa tidak nyaman, Bunda bisa memberikan kompres hangat pada area yang bengkak.
  • Pastikan anak mengasup makanan sehat bergizi dalam takaran sesuai kebutuhan, seperti daging, ikan, telur.
  • Perhatikan cara mengolah makanan untuk anak, pastikan bahan makanan dimasak matang, masih fresh, tidak melulu digoreng.

 

Waspadai jika pembengkakan tidak juga hilang setelah lima hari, atau justru semakin membesar dan memerah dengan cepat, Bunda sebaiknya periksakan ke dokter.

Perhatikan juga tanda-tanda, seperti apakah anak semakin rewel, mengeluh sakit kepala hebat, demam tinggi hingga di atas 38 derajat Celsius, kehilangan nafsu makan, dan berat badan turun drastis, segeralah membawa anak ke dokter.

Sebab pembengkakan di belakang telinga yang dibarengi gejala-gejala tidak normal tersebut bisa mengindikasikan penyakit seperti infeksi telinga parah, cacar air, campak, abses, TBC, hingga kanker.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi