For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Mengenal Sosok Luar Biasa 'Madam Vice President' Kamala Harris

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 10 November 2020 | 11:12 WIB
Kamala Harris, perempuan pertama dan berdarah Asia sebagai wapres AS. | IG @kamalaharris

 

Kamala Harris mengukir sejarah menjadi perempuan pertama yang terpilih menjadi Wakil Presiden AS. Ia juga menjadi Wakil Presiden AS pertama yang berdarah Asia.

Kamala Harris adalah sulung dari dua bersaudara. Ayahnya, Donnald Harris, seorang profesor ekonomi dari Jamaika, sementara ibunya, Shyamala Gopalan adalah peneliti kanker dari India. Nama lengkapnya Kamala Devi Harris, yang diberikan oleh ibunya yang diambil dari mitologi Hindu.

Kamala berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya bunga teratai dan juga nama lain untuk Lakshmi, dewi kekayaan daan keberuntungan umat Hindu. Nama tengahnya, Devi juga berasal dari bahasa Sansekerta dan dalam agama Hindu, Devi adalah istilah umum untuk sebutan Dewi.

Berharap Bukan yang Terakhir

Kamala lahir pada 20 Oktober 1964 di Oakland, California, yang saat itu menjadi pusat aktivis hak-hak sipil dan anti perang. Kamala kecil yang setiap hari pulang pergi ke sekolah menggunakan bus ini pun tumbuh akrab dengan gerakan-gerakan hak-hak sipil dan anti perang tadi. Tidak mengherankan jika Kamala sejak kecil sudah bercita-cita menjadi seorang pengacara kelak.

“Mereka adalah pahlawan yang tumbuh dewasa. Pengacara adalah arsitek gerakan hak-hak sipil. Saya pikir itulah cara untuk melakukan hal-hal baik dan melayani serta mencapai keadilan,” kata Kamala saat wawancara dengan San Francisco Chronicle beberapa waktu lalu.

Kamala pun akhirnya berhasil meraih gelar sarjana dari Howard university dan gelar sarjana hukum dari University of California. Ia kemudian memulai karirnya di Kantor Kejaksaan Distrik Alameda County. Kariernya terus menanjak dengan menjadi Jaksa Wilayah di San Francisco dan pada tahun 2010 menjabat sebagai Jaksa Agung California.

Kamala mencatatkan sejarah sebagai perempuan pertama dan orang pertama keturunan Asia Selatan yang menjadi Jaksa Agung California. Kamala memiliki reputasi yang baik terutama karena keberhasilannya menangani kasus kekerasan, pedagangan narkoba, pelecehan seksual, dan hak asasi manusia.

 

Keluarga adalah motivasi terbesar Kamala dalam bekerja. | IG @kamalaharris

Pun akhirnya ketika terpilih sebagai  perempuan pertama berkulit hitam dan keturunan Asia yang menjadi Wakil Presiden AS, Kamala ingin perjuangannya ini bisa menginspirasi dan membuka jalan bagi perempuan-perempuan lainnya.

Dalam pidato kemenangannya yang penuh haru dan inspiratif, Kamala juga menyemangati semua orang, terutama perempuan dan anak-anak perempuan untuk berani bermimpi.

“Meskipun saya adalah perempuan pertama di Gedung Putih, saya tak akan menjadi yang terakhir. Karena setiap gadis kecil yang menonton malam ini menyaksikan bahwa, Amerika Serikat adalah negara yang memungkinkan hal tersebut terjadi. Bermimpilah dengan penuh ambisi, bermimpilah dengan penuh keyakinan, dan lihatlah dirimu dengan cara yang orang lain tak dapat melihat sebelumnya. Dan kami akan menyambutmu di setiap langkah yang kalian tempuh," ujar Kamala yang terkenal enerjik dan selalu bisa memberi energi positif.

 

Baca juga: Saatnya Perempuan Saling Support, Ini Quotes Inspiratif Tentang Body Shaming

 

Memasak Ayam Untuk 3 Kali Makan

Kamala telah membuktikan bahwa perempuan juga bisa sangat mumpuni berkarier di bidang hukum dan politik. Namun ia tak kehilangan keahliannya di dapur. Ya, Kamala mengaku suka makan enak dan hobi masak.

Dalam salah satu QnA yang ia buat di akun Instagramnya, @KamalaHarris menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan follower-nya, salah satunya bertanya tentang apa yang ia lakukan untuk menjaga kesehatan mentalnya selama berkampanye.

“Saya berolahraga setiap pagi, berbincang dengan anak-anak, dan memasak,” jawab Kamala yang sangat menyukai perhiasan mutiara dan hampir selalu terlihat menggunakannya di berbagai kesempatan mulai dari kalung mutiara, anting, gelang hingga cincin mutiara.

Kamala mengaku terinspirasi oleh ibunya yang sangat pandai memasak. Setiap hari, ia mengamati Sang ibu yang memasak untuk keluarganya dengan menu-menu bervariasi dan sering menyelipkan masakan India seperti daal dan kari kentang.

“Ibuku dulu pernah bilang, ‘Kamala, kamu jelas sangat suka makan makanan enak, lebih baik kamu belajar masak,” ucap istri Doug Emhoff ini.

Sesibuk apapun Kamala selalu berusaha memasak untuk keluarga. | IG @kamalaharris

 

Perkataan ibunya itulah yang kemudian membuatnya semangat belajar memasak. Sampai saat ini, Kamala bahkan mengaku sesibuk apapun dia, ia selalu berusaha meluangkan waktu bersantai dengan masak makan malam untuk keluarga. Apalagi Kamala juga memiliki hubungan yang dekat dengan 2 anak tirinya, Cole dan Ella Emhoff.

“Itu adalah tradisi yang sangat saya pedulikan, hanya menikmati makanan rumahan yang sangat enak pada hari minggu,” kata Kamala pada Glamour, Mei silam.

Keahlian memasak Kamala yang ia ceritakan pada Glamour adalah mengolah menu ayam panggang untuk 3 kali makan. Selain untuk makan malam, sisa ayam panggang tersebut ia olah kembali untuk dijadikan salad ayam. Kemudian ia memanfaatkan tulang-tulang ayam tadi untuk dibuat sup.

 

Baca juga: Sop Ayam Antiflu, Cara Enak Menjaga Tubuh Dari Virus Flu

 

Caranya, ia masukkan tulang ayam ke dalam panci berisi air dengan wortel, seledri, daun salam, merica, dan peterseli segar. Kemudian dididihkan selama sekitar 4 jam atau lebih. “Itu akan menjadi kaldu ayam yang paling menakjubkan. Kamu bisa gunakan itu untuk membuat sup,” kata Kamala sambil menyebut burrito sebagai makanan favoritnya jika ia tidak sempat memasak.

Cerdas, jago masak, cantik dan banyak lagi inspirasi yang bisa kita petik. Luar biasa, Kamala!

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi