Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Bikin Tenang, Ini Dia Dokter Spesialis Anak Favorit Para Bunda

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 28 November 2020 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Bicara soal dokter anak, tentu setiap bunda punya kriteria masing-masing. Ada yang melihatnya dari cara menangani anak saat diperiksa, jam terbang yang cukup lama, banyaknya pasien yang antre, komunikatif, hingga kemanjuran resep yang diberikan.

Memang, sih, soal predikat dokter anak favorit, itu kembali lagi ke Bunda. Namun Kanya coba rangkumkan beberapa dokter anak yang jadi favorit banyak orang tua.

 

  1. Tiwi Sp.A, MARS

| Instagram @drtiwi

Dokter dengan nama lengkap dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi Sp.A, MARS ini cukup terkenal di Jakarta dan menjadi langganan para anak selebriti seperti Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Baim dan Paula, Andien Aisyah, Cynthia Lamusu, dan Rachel Maryam.

Dokter Tiwi sering membagikan pandangan dan ilmu tentang merawat bayi dan anak lewat akun Instagramnya, @drtiwi. Selain sering mengisi talkshow tentang kesehatan, dr. Tiwi juga menulis buku Anak Sehat: 100 Solusi Dokter Tiwi dan Sehat-Lezat: Olah Saji dr Tiwi.

Ia juga membuat terobosan baru dengan mendirikan klinik digital www.klinikdrtiwi.com yang diharapkan bisa mendukung pelayanan di kamar praktik. Dokter Tiwi terkenal dengan gaya komunikasinya yang jelas, ramah, dan enerjik.

Praktik:

RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat

RSIA Citra Ananda, Tangerang Selatan

 

  1. Paulus Linardi, Sp.A

| FB Siloam

Dokter Paulus Linardi terkenal sebagai dokter yang sabar, detail dalam pemeriksaan, informatif dan tidak terburu-buru ketika menjelaskan, serta friendly terhadap anak-anak. Dokter Paulus juga mau memberikan nomor handphone dan responsif ketika ditanya soal keluhan anak lewat WhatsApp.

Praktik:

MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta Selatan

Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta Barat

 

  1. Attila Dewanti, Sp.A (K)

| IG @dr.attiladewanti

Dokter spesialis anak sub spesialis neurologi ini sudah berpengalaman puluhan tahun menangani kesehatan anak. Sikapnya yang ramah dan keibuan membuat anak-anak merasa lebih nyaman berinteraksi dengannya selama pemeriksaan.

Dokter Attila juga sangat sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kondisi kesehatan anak. Pengalamannya sebagai ibu membuat dr. Attila mengerti kekhawatiran ibu, terutama ibu muda soal kesehatan anaknya sehingga penjelasannya bisa membuat tenang.

Praktik:

Brawijaya Hospital Antasari, Jakarta Selatan.

 

  1. Frecilia Regina, Sp.A, IBCLC

| IG @frecilia

Dokter Frecilia terkenal sebagai dokter pro ASI dan konselor laktasi. Ia juga tidak gampang memberikan obat. Dokter Frecilia sangat mendorong ibu-ibu untuk memberikan ASI eksklusif selama 2 tahun. Ia pun tak segan memberikan nomor kontak pribadi dan responsif ketika ada yang konsultasi lewat WhatsApp.

Praktik:

RSIA Limijati, Jl R.E. Martadinata no.39, Citarum, Bandung

 

Baca juga: 4 Tips Memilih Dokter Anak

 

  1. DR. dr. Ariyanto Harsono, Sp.A (K)

Dokter senior ini terkenal karena sangat telaten ketika melakukan pemeriksaan terhadap anak. Dari beberapa sumber merekomendasikan datang dan berkonsultasi dengan dr. Ariyanto  jika anak memiliki keluhan alergi. Karena selain spesialis anak, dr Ariyanto juga sub spesialis alergi.

Praktik:

Apotek Kimia farma, Jl. Raya Darmo no.94 DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya

 

  1. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A (K). MHA

| IG @edisetiawantehuteru

Sebagai dokter spesialis anak, dr. Edi sangat komunikatif. Ia akan menjelaskan A-Z soal kondisi kesehatan pasien anak hingga cara menghadapi kondisi-kondisi emergency. Sementara kepada pasiennya, ia perlakukan seperti anaknya sendiri, sangat ramah dan friendly.

Praktik:

RS Dharmais, Jakarta Barat

Klinik pribadi, Jl Kencana Raya blok H3/22, Kencana Loka, Tangerang Selatan

No telp (021) 6847006, HP 085715255400

 

  1. Arifianto, Sp.A (Dokter Apin)

| IG @dokterapin

Hampir semua ibu muda pasti mengenal dokter Apin. Entah pernah membawa buah hati berobat atau sekadar mengenal sosoknya di media sosial. Pasalnya, dokter Apin sangat aktif membagikan informasi seputar kesehatan anak di media sosial.

Dokter Apin terkenal asyik diajak ngobrol dan selalu ada unsur edukasinya ketika kita konsultasi pada beliau. Ia juga terkenal tidak mudah memberikan resep obat pada anak.

 

Praktik:

RS Pasar Rebo, Jakarta Timur

Klinik pribadi Jl Inpres no17A, RT03/01, Kramat Jati, Jakarta Timur

 

  1. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A

 

| IG @drherbowo

Selain sangat detail ketika memeriksa pasien dan memberikan penjelasan, dr. Herbowo juga jarang memberikan antibiotik. Menurut dokter anak konsultan neurologi ini, obat hanya boleh diberikan ketika gejala-gejala yang dirasakan anak sangat mengganggu.

 

Praktik:

RSIA Bunda, Jakarta Pusat

RS Brawijaya Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan

 

Baca juga: Kata Dokter: Menyusui Dengan Lancar dan Nyaman

 

  1. Endah Citraresmi, Sp.A (K)

Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi ini terkenal ramah dan sabar sehingga bisa membuat anak nyaman selama pemeriksaan. Alumni Universitas Indonesia ini juga memberikan konsultasi kesehatan anak secara menyeluruh.

 

Praktik:

RS Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta Barat

RSIA Kemang Medical Care, Jakarta Selatan

 

  1. Utami Roesli, Sp.A, IBCLC, FABM

 

Dokter Utami Roesli terkenal sebagai dokter yang gigih memperjuangkan hak bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif. Dokter alumni Universitas Padjajaran ini meraih gelar Fellow of Academic Breastfeeding Medicine (FABM) dari American Academic Breastfeeding Medicine, Amerika Serikat (2008).

 

Praktik:

RS St. Carolus, Salemba, Jakarta Pusat

 

  1. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc

| IG @caessar_p

Dokter spesialis anak lulusan Universitas Gadjah Mada ini terkenal luwes menghadapi anak-anak. Ia juga selalu memberi informasi yang jelas soal perawatan kesehatan anak dan tidak mudah meresepkan antibiotik.

 

Praktik:

RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Tangerang Selatan

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi