You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Plant Parent, Ini 5 Tanaman Hias Anti RIbet Plus Rekomendasi 5 Nursery

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 7 Januari 2021 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Agar berhasil menanam dan merawat tanaman, plant parent pemula sebaiknya memilih jenis tanaman indoor atau outdoor yang mudah dalam hal perawatannya.  Apa saja jenisnya dan di mana bisa membelinya?

 

1.Lidah Mertua (sanseviera)

Sanseviera | SHUTTERSTOCK

Lidah mertua bisa tumbuh di dalam ruangan maupun di dalam ruangan. Perawatannya pun anti ribet cukup disiram sesekali selama seminggu.

Selain bisa mempercantik ruangan. Lidah mertua juga bisa membantu menyaring udara dari kotoran dan debu sehingga bisa meningkatkan kualitas udara di rumah.

 

2.Monstera

Monstera | SHUTTERSTOCK

Sepertinya ini adalah tanaman wajib bagi plant parent yang masih baru ataupun yang sudah berpengalaman. Dengan bentuk daunnya yang unik, lebar dan berlubang, monstera bisa menjadi penghias di dalam ruangan atau pun di luar ruangan.

Bunda bisa merawat monstera dengan cara meletakkannya di tempat teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung karena akan membuat daunnya terbakar. Jika diletakkan di luar ruangan, Bunda bisa menanamnya di bawah pohon besar, misalnya.

Oleh karena termasuk jenis tanaman tropis, monstera suka dengan tanah yang lembap. Siramlah monstera ketika tanah bagian atasnya terlihat kering.

 

3.Kaktus

Kaktus | SHUTTERSTOCK

Bisa dibilang kaktus sama sekali enggak memerlukan perawatan bahkan jika dibiarkan begitu saja, kaktus bisa tetap tumbuh dengan baik. Namun jika Bunda ingin meletakkan kaktus di dalam ruangan, sebaiknya sesekali dijemur di bawah sinar matahari langsung.

Kaktus juga enggak harus disiram setiap hari. Tanah yang becek justru menyebabkan kaktus busuk. Siram kaktus menggunakan sprayer cukup 1 kali seminggu.

 

4.Sirih gading

Sirih gading | SHUTTERSTOCK

Jenis tanaman rambat ini biasanya ditanam dalam pot gantung karena bentuknya akan semakin indah ketika menjuntai. Bunda cukup menyiram tanaman sirhi gading ini setiap hari dan sesekali memberi pupuk agar daunnya tumbuh subur.

 

5.Pakis Boston

Pakis boston | SHUTTERSTOCK

Cara merawat pakis boston sangat mudah, cukup perhatikan kelembapan tanahnya. Jika ingin meletakkan di dalam ruangan, sebaiknya letakkan di dekat jendela agar tetap mendapat sinar matahari.

 

Baca juga: 7 Inspirasi Menghias Area Tangga Dengan Tanaman

 

Selain merawat, bagian paling seru sebagai plant parent adalah berburu tanaman-tanaman hias yang baru. Seiring hobi bertanam yang semakin banyak diminati, penjual tanaman hias semakin mudah ditemui. Bunda bisa membeli lewat online ataupun langsung mendatangi tokonya.

Berikut beberapa rekomendasi toko tanaman yang punya banyak koleksi tanaman yang siap diadopsi.

Nanem Taneman

Koleksi tanaman hias di sini sangat komplet mulai dari jenis anthurium, monstera, calathea, caladium, dan masih banyak lagi. Bunda bisa melihat-lihat koleksi di akun Instagram mereka yang sudah memiliki hampir 80 ribu follower ini, termasuk Titi Kamal.

Uniknya, selain menjual tanaman hias, Nanem Taneman juga menyediakan paket hampers berisi tanaman hias yang bisa dijadikan kado untuk orang tersayang. Kemasannya pun unik dan ramah lingkungan.

Instagram: @nanemtaneman

WhatsApp: 0878-0305-9390

Workshop: Jl. Mulya Baru No.67A, RT.01 RW.07/RW.007, Karang Mulya, Kec. Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten 15157

| @nanemtaneman

Grow and Grow

Grow and grow punya workshop di Cinere dan Tangerang Selatan. Koleksi tanamannya hingga ratusan dan kurasi tanaman hias mereka kerap digunakan oleh beberapa brand interior dan desainer interior ternama.

Selain bisa dibeli lewat online, kamu juga bisa berkunjung ke toko mereka, namun sekarang dengan mematuhi protokol kesehatan tentunya.

Instagram: @growandgrow.id

WhatsApp: 0812-8383-5583

Delfawood

Delfawood banyak direkomendasikan oleh para artis pecinta tanaman. Berbagai jenis tanaman hias baik indoor maupun outdoor ada di Delfawood. Jika mengikuti akun Instagram-nya, Bunda bisa ikutan sale yang sering diadakan oleh mereka.

Instagram: @delfawood

WhatsApp: +6282114004339

 

Baca juga: Tanaman Rambat Minim Perawatan, Siap Memperindah Taman

 

My Greeny Corner

Hampir semua jenis tanaman hias bisa didapatkan di sini mulai dari peperomia, pakis, hingga begonia. Semua tanaman di sini langsung dirawat oleh sang owner sendiri.

Instagram: @mygreenycorner

WhatsApp 0812-3456-7307

Workshop: Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

L.O.F

Bisa dibilang L.O.F adalah one stop shop untuk kamu pecinta tanaman. Di sini selain menjual aneka tanaman, kamu juga bisa mengikuti workshop tentang tanaman, nongkrong cantik di café atau mencari kado tanaman untuk orang tersayang. Koleksi tanamannya pun cukup komplet.

Instagram: @ livingwithlof

WhatsApp: +62 811-902-009

Main store: jl Haji Junaedi no.2A, Cipete, Jakarta Selatan

Atau di One Belpark Mall, Ground Floor #07, South Lobby, Jl RS. Fatmawati no.1, Jakarta Selatan

 

Hati-hati kalap belanja, ya, Bunda! Mengingat harga tanaman hias sekarang sedang tinggi, sesuaikan dengan budget yang ada.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi