I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Mengenal Galactagogue, Cara Mudah dan Ampuh Meningkatkan Produksi ASI

author
Ruth Sinambela
Rabu, 14 Juli 2021 | 10:00 WIB
| Shutterstock

 

Sejak masih di dalam kandungan, seorang ibu pasti ingin memberi yang terbaik kepada buah hatinya. Apa lagi setelah dilahirkan ke dunia, segala cara akan ditempuh demi pertumbuhan si kecil yang sempurna, termasuk soal pemberian nutrisi terpenting pada bayi, yaitu ASI.

Kenyataannya, proses menyusui bisa jadi tantangan tersendiri bagi para ibu baru, yang dapat menimbulkan stres bahkan kondisi depresi, saat seorang ibu merasa jumlah ASInya tidak cukup banyak dan kurang berkualitas.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung galactagogue.

Baca juga: Kata Dokter: Benarkah Rasa dan Warna ASI Sesuai Makanan Ibu?

Apa itu galactagogue?

Galactagogue merupakan suatu substansi yang dapat meningkatkan suplai air susu ibu (ASI). Untuk bisa meningkatkan produksi ASI, ibu harus lebih banyak mengonsumsi jenis makanan yang mengandung galactagogue. Berikut ini, adalah beberapa jenis makanan yang mengandung galactagogue dan bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Oatmeal

| Shutterstock

Bumil  bisa mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan. Karena, tidak hanya  bisa menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah, oatmeal juga baik dikonsumsi ibu menyusui.

Wortel

Kaya vitamin A dan memiliki kandungan beta karoten yang baik untuk ibu menyusui. Tahukah Bunda, kalau wortel juga merupakan sumber karbohidrat sehat? Wortel bisa memenuhi kebutuhan kalium tubuh dan yang paling menarik dari wortel adalah bisa membantu menurunkan berat badan secara alami jika dikonsumsi sebagai cemilan!

Kacang-Kacangan

| Shutterstock

Jenis makanan yang satu ini sudah gak perlu diragukan lagi khasiatnya dalam meningkatkan produksi ASI. Kacang mete, kacang almon, dan kacang macadamia, sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI. Kacang-kacangan juga kaya akan lemak sehat dan antioksidan. Tapi sebaiknya Bunda pilih yang rendah kandungan sodiumnya atau yang bebas garam, ya.

Pepaya Mentah

Barut ahu kalau pepaya juga mengandung galactagogue yang baik dikonsumsi ibu menyusui? Sebelum dikonsumsi, jangan lupa dibersihkan dan dikukus terlebih dahulu ya, Bun. Atau, bisa juga dimasak seperti sayur tumis.

Biji Wijen

Biji wijen bisa menambah rasa gurih pada makanan. Tak hanya itu saja, biji wijen pun kaya akan kalsium dan bisa bantu meningkatkan produksi ASI bila dikonsumsi.

Jahe

| Shutterstock

Kalau Bunda sudah menambahkan jahe di berbagai menu yang dikonsumsi, berarti tanpa disadari Bunda telah melakukan proses peningkatan produksi ASI dengan makanan mengandung galactagogue. Karena jahe memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan produksi ASI juga. Selain dicampur pada makanan sebagai bumbu, Bunda juga bisa juga minum air jahe hangat secara rutin untuk menjaga suplai ASI dengan baik.

 

Itu dia tadi beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan proses produksi ASI. Semua jenis makanan yang dituliskan mudah didapat dengan harga terjangkau dan mudah diolah juga kan, Bun? Jadi, daripada stress karena produksi ASI tidak kian meningkat, yuk kita lakukan cara sederhana dengan mengolah atau menambahkan jenis-jenis makanan di atas pada menu sehari-hari.

 

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi