Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Memilih Wadah Tahan Panas untuk Microwave dan Oven

author
Ruth Sinambela
Jumat, 14 Januari 2022 | 10:59 WIB
Kenali Wadah Apa Saja yang Aman untuk Digunakan pada Oven dan Microwave | Shutterstock

Pernah nggak sih, Bunda mengalami hal-hal seperti mangkuk meleleh waktu dipakai memanaskan makanan di microwave, atau mangkuk keramik Bunda pecah, waktu dipakai untuk memanggang di dalam oven? Sedih ya, Bun.

Padahal, rasanya Bunda sudah membaca keterangan kalau mangkok Bunda aman untuk dipakai di microwave, atau oven. Kenyataannya, apabila Bunda menemukan keterangan bahwa mangkuk atau wadah lain milik Bunda aman untuk digunakan di microwave, belum tentu juga aman untuk digunakan di oven, dan sebaliknya lho, Bun. Jadi, aman untuk microwave bukan berarti akan aman pula untuk digunakan di oven, ya!

Baca Juga: Baru Mulai Sering Memasak? Kenali 5 Metode Menggoreng Yang Kamu Wajib Tahu

Microwave only

Plastik adalah material yang hanya aman digunakan untuk microwave, Bun. Tapi, bukan berarti semua jenis plastik dapat digunakan, ya. Pastikan untuk membaca instruksi yang diberikan atau tertera pada wadah plastic sebelum Bunda menggunakannya untuk memanaskan makanan di microwave. Dan harus diingat pula bahwa plastik jenis apapun tidak dapat digunakan pada oven.

Oven only

Stainless steel dan besi cor atau cast iron, adalah dua jenis material yang hanya dapat digunakan untuk oven. Kedua material ini sedang naik daun karena banyak chef dan restoran yang menggunakannya sebagai wadah makanan mereka.

Jangan coba-coba untuk menggunakan wadah berbahan stainless steel dan cast iron ke dalam microwave ya, Bun. Bisa rusak nanti microwave-nya.

Cast Iron dan Stainless Steel Hanya Dapat Digunakan di OVen | Shutterstock

Dapat digunakan pada microwave dan oven

Daripada Bunda bingung mau beli wadah yang mana, lebih baik beli yang dapat dipakai di keduanya saja, Bun. Wadah yang dapat Bunda pakai pada microwave maupun oven dengan aman ini, sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai bentuk, ukuran, dan harga yang sesuai dengan keinginan Bunda. Apa saja, sih? Ini dia!

  • Kaca

Pasti Bunda sudah kenal dengan merek Pyrex, kan? Pyrex merupakan salah satu merek wadah kaca terpopuler di dunia. Dengan menggunakan material kaca berkualitas tinggi, wadah ini aman untuk digunakan pada microwave dan oven milik Bunda di rumah. Namun, selain Pyrex, masih banyak lagi merek wadah kaca di pasaran yang dapat Bunda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Bunda.

Baca Juga: Manfaat Hati Sapi dan Hati Ayam Untuk Anak dan Tips Memasaknya

  • Keramik

Wadah berbahan dasar keramik, selain mudah didapat dan harganya relatif murah, juga memiliki berbagai warna dan bentuk yang cantik. Namun, sebelum menggunakannya pada oven, sebaiknya Bunda memastikan petunjuk penggunaannya terlebih dahulu, ya. Walau hampir semua wadah berbahan keramik aman digunakan, ada juga beberapa keramik yang tidak kuat menahan panas tinggi di dalam oven.

Wadah Keramik Banyak Digemari Karena Dapat Digunakan di Microwave juga Oven | Shutterstock

  • Kombinasi kaca dan keramik

Walau memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan dengan wadah tahan panas lainnya, wadah bermaterial kombinasi kaca dan keramik ini terbukti tetap digemari. Dengan desain simple, dan warna yang cantik, wadah ini menjadi lebih menarik dan tampak estetik, Bun. Sering muncul di drama korea sebagai properti, mungkin saja menjadi salah satu alasan yang membuat wadah tipe ini makin digemari.

Sedang Populer, Wadah Tahan Panas Corningware yang Cantik dan Estetik |

Jangan pernah menggunakan wadah material logam pada microwave maupun oven

Wadah berbahan logam, seperti sendok dan garpu, bersifat konduktor atau menyerap panas, dan memiliki elektron yang dapat bergerak bebas, Bun. Ketika logam dipanaskan maka elektron tersebut akan terlepas dan menyebabkan sambaran dalam bentuk cahaya dan panas. Apabila dibiarkan, ini akan membuat perangkat microwave maupun oven Bunda rusak, bahkan meledak.

Wadah Metal atau Logam Tidak Boleh Digunakan untuk Microwave atau Oven | Shutterstock

Baca Juga: Nasi Panggang Udang Ini Seru Kalau Dibikin Saat Wiken

Oleh karena itu, Bunda harus hati-hati dan jeli dalam menggunakan wadah tahan panas. Bacalah dahulu informasi yang tertera pada wadah sebelum Bunda membeli atau menggunakannya. Tak semua material yang dianggap dapat digunakan pada oven maupun microwave dipastikan aman. Bunda tetap harus mengecek panduan dan keterangan yang tertera pada masing-masing wadah.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela