Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Benarkah Nyeker Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Si Kecil?

author
Ruth Sinambela
Senin, 21 Maret 2022 | 15:14 WIB
Bertelanjang Kaki Memiliki Segudang Manfaat Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil | Shutterstock

Bermain di luar rumah tanpa alas kaki adalah salah satu hal yang paling menyenangkan bagi anak-anak, Bun. Namun di zaman sekarang ini, khususnya di kota-kota besar, kegiatan bermain tanpa menggunakan alas kaki justru sangat jarang dijumpai.

Kurangnya taman hijau di perkotaan yang bersih dan ramah anak, bisa dibilang menjadi salah satu alasan mengapa bermain tanpa alas kaki makin sulit dilakukan. Karena tak dapat dipungkiri, keadaan jalanan atau tanah di sekitar rumah belum tentu layak untuk dijadikan tempat bermain. Kotor dan kemungkinan terdapat benda-benda tajam yang bisa membahayakan bagi si kecil, tentu membuat para Bunda berpikir lagi untuk membiarkan buah hatinya bermain di luar rumah tanpa alas kaki.

Bagaimanapun, apabila Bunda memiliki pekarangan atau teras rumah yang aman dan memadai untuk si kecil bermain tanpa alas kaki, akan sangat baik apabila membiarkan si kecil bermain tanpa alas kaki di sana.

Baca Juga: Ini Alasan Bayi Sebaiknya Belajar Berjalan Tanpa Alas Kaki

Di sisi lain, bagi Bunda yang tidak memiliki teras atau pekarangan yang aman untuk dijadikan tempat bermain anak, Bunda bisa mencari tempat lainnya, Bun. Misalnya taman di sekitar rumah, tempat wisata alam, atau tanah lapang. Yang penting, si kecil bisa bermain dan berlarian tanpa alas kaki tanpa takut menginjak benda-benda tajam atau berbahaya, ya.

Manfaat nyeker untuk tumbuh kembang anak

Mulai sekarang, jangan lagi takut-takut untuk membiarkan si kecil bertelanjang kaki atau nyeker, Bun. Asal Bunda yakin di sekitarnya aman, Bunda harus sering-sering nih, mengajak si kecil bermain di luar rumah tanpa alas kaki.

Bukan tanpa sebab, tapi bertelanjang kaki memang memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Terutama dalam meningkatkan nafsu makannya!

Baca Juga: 3 Penyebab Nafsu Makan Anak Tiba-Tiba Menurun

Sebaiknya Anak Belajar Berjalan tanpa Menggunakan Alas Kaki Terlebih Dahulu | Shutterstock

Meningkatkan nafsu makan anak

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa bertelanjang kaki memberikan manfaat dalam meningkatkan nafsu makan anak.

A.J. Hanscom misalnya, mengutarakan hasil pengamatan dan penelitiannya di dalam bukunya Balanced and Barefoot: How Unrestricted Outdoor Play Makes for Strong, Confident and Capable Children, dan menyebut bahwa ketika anak menginjak berbagai tekstur, stimulus sensori dan motor akan dikirim ke otak. Hal inilah yang kemudian membuat anak familiar dan terbiasa dengan tekstur yang beragam. Termasuk di antaranya adalah tekstur yang dirasakan di dalam mulut.

Dijelaskan pula bahwa hal ini erat kaitannya dengan terbentuknya postur tubuh yang baik saat anak nyeker, yang akan membuat sendi, tulang, juga ototnya membentuk postur tubuh yang baik. Nah, dengan postur yang baik inilah, maka kekuatan rahang akan meningkat dan mempengaruhi kemampuan mengunyah dan berbicara si kecil, termasuk juga nafsu makannya.

Baca Juga: Kata Dokter: Benarkah Pijat Bayi Bisa Tingkatkan Nafsu Makan?

Nah, sekarang sudah yakin dong, Bun, untuk mengajak si kecil bermain tanpa alas kaki di luar rumah? Jangan lupa untuk memilih tempat yang aman, ya. Pastikan tidak ada benda-benda berbahaya, serangga ataupun binatang yang membahayakan, juga kotoran hewan yang bisa tak sengaja terinjak.

Dan agar lebih seru juga bisa mendapatkan manfaatnya, Bunda dan Ayah wajib ikut bermain bersama si kecil tanpa alas kaki juga, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela