Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Sudahkah Bunda dan Ayah Memenuhi Hak-hak Si Kecil?

author
Ruth Sinambela
Selasa, 21 Juni 2022 | 15:10 WIB
Memenuhi kebutuhan dan hak anak akan membentuk anak yang sehat, cerdas, dan bahagia | Shutterstock

Tahukah Bunda kalau United Nations Convention on the Rights of the Child yang disahkan oleh United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) memiliki 42 pasal hak anak yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan orang tua? Hak-hak anak yang tertuang dalam Konvensi Hak Anak ini, sebenarnya merupakan adopsi dari Hak Anak yang sudah tertuang di dalam Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Bun.

Berikut ini pembahasan mengenai beberapa hak yang dianggap paling penting dan mendasar dalam kehidupan anak sehari-hari versi UNICEF.

Baca Juga: Yuk, Penuhi Kebutuhan Zat Besi Anak agar Mudah Konsentrasi Saat Belajar

Hak untuk hidup sehat

Hak ini sudah dimiliki sejak masih di dalam kandungan lho, Bun. Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, vitamin, dan kontrol rutin setiap bulan, berarti Bunda sudah memenuhi hak sehat anak di masa kehamilan.

Bunda dan Ayah sama halnya harus ikut berpartisipasi dalam memberikan hak sehat bagi si kecil. Misalnya dengan tidak merokok di sekitar rumah, mandi dan mengganti pakaian setelah merokok, merupakan salah satu contoh sederhana dalam memenuhi hak sehat anak.

Selain itu, hal-hal dasar seperti air bersih, makanan bergizi, lingkungan tinggal yang bersih dan aman, juga akses untuk mendapatkan fasilitas kesehatan saat sakit, merupakan hak yang dimiliki oleh setiap anak, Bun!

Memeriksakan kehamilan dan mengonsumsi vitamin secara rutin merupakan pemenuhan hak anak saat dalam kandungan, Bun | Shutterstock

Hak untuk mengembangkan bakat dan minat

Sebagai orang tua sudah tentu Bunda dan Ayah ingin memberikan yang terbaik dalam mengembangkan bakat dan potensi si kecil. Meskipun demikian, ingatlah untuk selalu menanyakan pendapat dan perasaannya ya, Bun.

Baca Juga: Pentingnya Menyiapkan Dana Pendidikan. Ini Tipsnya, Bun!

Ketika ia lelah dan butuh waktu untuk beristirahat, maka sebagai orang tua Bunda wajib menyediakan hak itu. Juga ketika si kecil ingin bereksplorasi dan melakukan hal-hal baru, maka apabila memungkinkan, Bunda wajib memenuhi kebutuhannya tersebut.

Hak mendapat keamanan

Dengan mendapatkan pengasuhan yang layak, juga dilindungi dari kekerasan, penganiayaan, dan pengabaian, merupakan beberapa hal yang wajib Bunda dan Ayah berikan untuk menumbuhkan rasa aman bagi setiap anak.

Hak mendapat pendidikan

Hak untuk belajar dan mendapatkan pendidikan yang berkualitas mulai dari pendidikan dasar hingga Sekolah Menengah Atas, merupakan hal yang wajib didapatkan oleh setiap anak di Indonesia.

Merasa Bahagia Adalah Hak Setiap Anak | Shutterstock

Hak dihargai dan dicintai

Ketahuilah bahwa si kecil memiliki hak untuk mendapat pelukan, ciuman, dan belaian dari kedua orang tuanya, Bun. Selain itu, memberikan kesempatan untuk si kecil bicara, mengungkapkan pendapat, dad didengarkan, merupakan salah satu hak terpenting yang wajib didapatkan oleh seluruh anak di dunia, yaitu dengan merasa dihargai dan dicintai.

Baca Juga: The Good Girl Syndrome yang Bisa Bikin Anak Tak Bahagia

Meski kemampuan setiap orang tua tidak sama, namun dengan berusaha memenuhi hak-hak yang paling penting dalam hidup si kecil, berarti Bunda telah berhasil memenuhi hampir semua hak mereka, lho.

Selain itu, lebih memperhatikan hak dan pemikiran anak, bukan hanya bermanfaat untuk tumbuh kembangnya, namun juga dapat menjadi salah satu upaya orang tua agar anak dapat mengoptimalisasi diri dalam proses menjadi versi terbaiknya. Sudahkah Bunda dan Ayah memenuhi segala kebutuhan dan hak-hak si kecil? Bunda-bunda hebat, yuk, semangat memenuhi hak mereka!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela