Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Obat Gatal Alami yang Dapat Bunda Temui di Rumah

author
Ruth Sinambela
Jumat, 28 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Sebagian anak memiliki kulit sensitif yang apabila dioleskan berbagai krim atau losion anti gatal justru dapat membuat gatalnya makin parah | Shutterstock

Tidak semua anak memiliki kulit yang cocok atau mampu menahan obat-obatan untuk mengatasi rasa gatal, seperti losion, krim, maupun bedak. Pada sebagian anak menggunakan losion, krim, maupun bedak justru bisa membuat rasa gatalnya semakin terasa gatal, Bun.

Apabila si kecil termasuk salah satu diantaranya, tentu Bunda membutuhkan informasi mengenai obat gatal alami yang terbukti dapat meringankan gatal pada anak berikut ini!

Baca Juga: Penyebab Umum Alergi Kulit pada Bayi serta Bagaimana Cara Mengatasinya

Lidah buaya

Bunda yang suka berkebun wajib banget nih, memiliki tanaman lidah buaya di pekarangan atau halaman rumah. Apalagi lidah buaya telah terbukti ampuh untuk meringankan gatal atau memperbaiki masalah kulit kering yang juga sering menjadi penyebab gatal pada kulit.

Cara menggunakannya, Bunda cukup mengambil daging lidah buaya setelah mengupas kulitnya, kemudian oleskan pada bagian kulit yang gatal, Bun!

Centella Asiatica

Centella Asiatica | Shutterstock

Centella Asiatica atau pegagan merupakan tanaman yang oleh sebagian masyarakat dipercaya dapat menyembuhkan gatal-gatal pada kulit, Bun. Untuk mengurangi rasa gatal di kulit, Bunda bisa menggunakan daunnya dengan cara dioles.

Kandungan anti-alergi, anti-pruritus, juga anti-peradangan di dalamnya disebut-sebut ampuh mengurangi atau mengobati rasa gatal. Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiatnya bagi manusia.

Baca Juga: Normalkah Warna Kulit Bayi Baru Lahir Berubah-ubah?

Minyak kelapa

Pasti sudah banyak Bunda yang mengetahui kalau minyak kelapa memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat menenangkan peradangan kulit. Karena itulah sejak dahulu minyak kelapa masih menjadi andalan orang tua untuk meredakan gatal pada kulit secara alami.

Tea tree oil

Sering digunakan sebagai bahan dasar kosmetik atau skincare, tea tree oil juga memiliki kemampuan dalam mengobati gatal yang disebabkan alergi, Bun. Meski sulit untuk bisa menemukan tea tree oil, Bunda dapat membeli produk pelembap dengan kandungan tea tree oil alami di dalamnya untuk dioleskan pada kulit sebagai obat untuk meringankan gatal.

Oatmeal

Oatmeal koloid sering digunakan untuk treatment berbagai masalah kulit | Shutterstock

Bukan jenis oatmeal seperti yang biasa Bunda konsumsi, ya. Oatmeal yang dimaksud adalah oatmeal koloid yang telah menjadi bubuk halus, Bun.

Jenis oatmeal ini rupanya memiliki kandungan anti-radang juga antioksidan yang diyakini mampu mengatasi kulit yang gatal, kering, dan kasar! Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkannya pada air dingin di dalam bak mandi, kemudian Bunda atau si kecil berendam di dalamnya selama 15 menit.

Baca Juga: Masalah Kulit yang Sering Dialami Anak dan Cara Mengatasinya

Masih banyak lagi bahan-bahan alami yang dipercaya dapat meringankan gatal ringan pada kulit, seperti daun peppermint, cuka apel, air dingin, hingga madu. Meski demikian karena belum ada bukti ilmiah yang mengkaji penggunaan bahan-bahan alami ini untuk mengobati gatal, ada baiknya Bunda tidak asal mencobanya sebelum berkonsultasi terlebih kepada dokter ya, Bun. 

Selain itu, apabila rasa gatal tidak kunjung hilang atau sembuh hingga mengalami keparahan, sebaiknya Bunda langsung saja menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang dibutuhkan.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi