Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Ini Langkah-Langkah yang Tepat untuk Merawat Luka Terbuka dan Berdarah Anak, Bun

author
Ruth Sinambela
Selasa, 24 Januari 2023 | 16:16 WIB
Setelah mencuci tangan, terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah menghentikan pendarahan pada luka, Bun | Shutterstock

Anak terjatuh saat bermain di dalam rumah maupun di luar rumah tentu tak bisa dihindari. Meski demikian, Bunda sebaiknya selalu mendampingi si kecil khususnya yang baru bisa berjalan maupun berlari sendiri ya, Bun. Bukan tanpa alasan, namun pada usia tersebut anak memang sedang aktif-aktifnya dan sangat suka mengeksplorasi sekelilingnya di mana pun ia berada.

Melarang anak bereksplorasi tentu bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan, meski demikian pengawasan dan pendampingan Bunda selalu sangat dibutuhkan. Namun, bukan berarti si kecil akan selalu aman atau terhindar dari terjatuh. Apabila hal tersebut terjadi, maka sikap Bunda sebaiknya adalah tetap tenang dan jangan panik!

Baca Juga: Bayi Jatuh Dari Tempat Tidur? Ini Pertolongan Pertama yang Harus Kamu Lakukan

Sadarilah situasi, dan nilailah apakah Bunda dapat menanganinya sendiri atau harus sesegera mungkin membawa si kecil ke Rumah Sakit terdekat. Apabila Bunda merasa bisa memberi pertolongan pertama terlebih dahulu, atau pertolongan pertama yang bisa Bunda lakukan sudah cukup untuk menolong si kecil, maka berikanlah pertolongan yang baik dan sesuai dengan saran dari para ahli, seperti langkah-langkah berikut ini, Bun!

Setelah pendarahan berhenti dan luka dibersihkan dengan air mengalir, barulah oleskan obat antiseptik pada luka | Shutterstock

Cuci tangan

Apabila Bunda melihat si kecil mengalami luka terbuka, maka sebelum membersihkan dan mengobatinya, terlebih dahulu Bunda harus mencuci tangan Bunda agar bersih dan aman saat menyentuh luka si kecil.

Hentikan pendarahan

Bunda mungkin mengira harus segera membersihkan luka anak akibat terjatuh dengan membilasnya di air mengalir. Padahal langkah yang benar sebenarnya adalah menghentikan pendarahannya terlebih dahulu sebagai langkah pertama, Bun.

Hal ini harus dilakukan agar Bunda juga bisa mengetahui apakah luka yang dialami si kecil cukup dalam sehingga membutuhkan pertolongan medis. Untuk menghentikan pendarahan, Bunda bisa menggunakan kapas, atau kain bersih.

Baca Juga: Madu Boleh Diberikan sebagai Pertolongan Pertama pada Anak yang Menelan Baterai?

Bilas di air mengalir

Setelah pendarahan mulai berhenti, Bunda bisa segera membilas luka anak di air mengalir. Hati-hati ya Bun, karena pasti akan terasa perih, Bunda harus menenangkan dan meyakinkan si kecil terlebih dahulu. Kemudian keringkan luka dengan kain bersih.

Anak terjauh saat bermain adalah hal yang biasa Bun, jangan panik, dan segeralah nilai apakah Bunda bisa merawat si kecil sendiri atau segera bawa anak ke RS terdekat untuk mendapatkan pertolongan, ya! | Shutterstock

Obat antiseptik

Obat antiseptik wajib ada di rumah ya, Bun. Karena sangat dibutuhkan sebagai pertolongan pertama, obat antiseptik sebaiknya diletakkan di tempat yang mudah ditemukan saat dibutuhkan. Selain itu untuk menggunakannya, Bunda dapat menuangkannya pada kapas terlebih dahulu barulah di-tap dengan lembut pada luka.

Tutup luka dengan plester

Selain obat antiseptik, plester juga menjadi salah satu perlengkapan yang harus selalu ada di rumah sebagai pertolongan pertama pada kecelakaan. Karena tak terpisahkan, sebaiknya Bunda menyimpan plester bersama dengan antiseptik agar mudah ditemukan saat dibutuhkan, ya.

Baca Juga: Penting untuk Diketahui, Pertolongan Pertama saat Digigit Ular Berbisa

Itu dia langkah-langkah yang paling tepat untuk dilakukan saat si kecil terjatuh dan terluka, Bun. Satu hal lagi yang juga penting untuk Bunda perhatikan adalah mengecek luka dan mengganti plester setiap hari, ya. Selain itu, apabila luka sudah mulai mengering maka sebenarnya plester sudah tak perlu lagi digunakan sehingga proses penyembuhan pun menjadi lebih cepat. 

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela