To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Tak Hanya Mahir Berhitung, Ini Manfaat Lain Sempoa untuk Anak

author
Ruth Sinambela
Jumat, 24 Februari 2023 | 15:00 WIB
Sempoa akan membantu anak memiliki dasar aritmatika yang kuat | Shutterstock

Sempoa merupakan alat hitung aritmatika kuno yang telah digunakan sejak dulu, Bun. Konon perkembangan alat hitung ini bermula di Babilonia pada rentang tahun 2700 SM hingga 2300 SM. 

Pada akhirnya versi sempoa pertama dimiliki oleh bangsa Tiongkok dan dikenal dengan nama suanpan sejak abad 2 SM. Suanpan dari Tiongkok ini bisa digunakan untuk berbagai jenis operasi aritmatika. Mulai dari penjumlahan, pengurangan, pengalian, pembagian, akar kuadrat, ataupun akar pangkat tiga. Akhirnya sempoa juga mulai dikenal di Jepang, Korea, hingga ke Benua Amerika.

Baca Juga: Yuk, Belajar Bagaimana Membahagiakan Anak Sesuai Fase Usianya!

Manfaat sempoa untuk anak

Meski sempoa dikenal sebagai alat hitung kuno, di dunia modern sempoa telah banyak dikembangkan dengan berbagai metode pembelajaran yang fokusnya bukan hanya pada pengembangan kemampuan berhitung anak.

Kini belajar sempoa juga dapat memberikan manfaat luar biasa bagi perkembangan otak anak, di antaranya:

  • Meningkatkan kemampuan koordinasi otak kanan dan otak kiri. 
  • Meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan belajar anak bukan hanya matematika atau berhitung, namun juga bahasa, science, dan lain sebagainya. 
  • Daya ingat dan keterampilan berpikir lebih terasah. 
  • Mengembangkan kepercayaan diri. 
  • Mengoptimalkan potensi keseluruhan otak dan kreativitas. 

Sempoa dapat menjadi kegaiatan yang menyenangkan untuk anak usia dini | Shutterstock

Sempoa bukan hanya matematika

Meski sempoa digunakan untuk berhitung dan berlatih hitung cepat, juga akan sangat membantu anak dalam mempelajari matematika, namun sebenarnya sempoa lebih dari itu.

Dengan mempelajari sempoa diharapkan anak akan memiliki kemampuan aritmatika dasar yang kuat dan membuat anak lebih menyukai angka-angka sehingga jauh dari numeric phobia. Selain itu, sempoa juga akan meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan berpikir juga membuat anak terbiasa dan lebih mudah belajar dalam bidang apa pun.

Baca Juga: 4 Model Belajar Anak, Si Kecil Termasuk yang Mana, Bun?

Baik untuk perkembangan otak kanan dan kiri

Pada saat belajar sempoa anak akan menggunakan alat dan menggerakkan tangan atau jemari, mata, juga otaknya, Bun. Aktivitas ini yang dianggap baik dan seimbang untuk perkembangan otak kanan dan kiri. Selain itu, sempoa juga akan melatih motorik anak yang berusia lebih kecil, karena dengan sempoa anak akan berlatih koordinasi tangan dan mata. 

Sempoa bisa dipelajari di rumah maupun oleh pengajar profesional | Shutterstock

Pro-kontra sempoa di dunia modern

Sayangnya, meski diyakini memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak, sempoa kini semakin kurang diminati oleh orang tua, Bun. 

Sebagian kalangan menganggap sempoa tidak relate lagi dengan dunia modern sekarang ini. Karena pada dasarnya, alat sempoa tidak lagi digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Meski demikian, pada akhirnya memutuskan untuk mengenalkan sempoa pada anak tentu akan tergantung bagaimana pertimbangan serta kebutuhan yang dicari oleh Bunda dan Ayah, serta ke depannya bagaimana si kecil menjalaninya dan apakah ia mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga: Parenting Case: 3 Cara Menyenangkan Ajarkan Anak Berhitung

Dengan melihat sendiri perkembangan anak setelah mencoba, barulah Bunda bisa menyimpulkan apakah sempoa baik dan diperlukan si kecil. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Bunda dan Ayah hebat.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi