There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Afirmasi Positif untuk Bunda yang Tengah Menunggu Waktu Bersalin

author
Ruth Sinambela
Selasa, 9 Mei 2023 | 10:00 WIB
Menunggu waktu bersalin akan sangat mendebarkan namun juga menggairahkan, Bun. Persiapan mental dan fisik sangat penting! | SHUTTERSTOCK

Menunggu waktu bersalin bagi sebagian orang, khususnya calon bunda baru, bisa sangat mendebarkan sekaligus serba salah. Apabila tidak memiliki kesiapan fisik, mental, juga pengetahuan yang baik dan cukup untuk menjalani persalinan, wajar saja kalau persalinan bisa membuat Bunda takut dan cemas.

Baca Juga: Makanan Pedas Dapat Memicu Kontraksi dan Memperlancar Persalinan, Apa Iya?

Meski demikian, rasa takut dan cemas sebenarnya normal dialami oleh bumil yang tengah menunggu waktu bersalin. Apalagi tak bisa dipungkiri kalau sakit yang akan dirasakan saat bersalin tentu bukanlah hal yang mudah untuk dijalani.

Karena itulah persiapan baik mental maupun fisik sebaiknya mulai dipupuk dari jauh-jauh hari. Salah satunya yaitu lewat afirmasi positif yang bisa Bunda ucapkan pada diri sendiri, maupun lewat keluarga terdekat sebagai support system Bunda, secara rutin setiap hari.

Mendekor kamar bayi dapat membuat Bunda yang menunggu waktu melahirkan lebih rileks, lho! | SHUTTERSTOCK

Baca Juga: 5 Cara Alami yang Bisa Membantu Pembukaan dan Memperlancar Persalinan

Berikut 6 langkah afirmasi positif yang wajib Bunda coba!

  1. Katakan dengan yakin pada diri sendiri, bahwa tidak ada yang dapat memprediksi rasa sakit saat persalinan karena setiap orang memiliki takaran berbeda.
  2. Percayalah, tubuh Bunda mampu menahan nyeri yang terjadi akibat kontraksi rahim saat melahirkan, karena hal ini merupakan sebuah proses alami.
  3. Yang Maha Kuasa akan melindungi Bunda untuk melewati proses melahirkan dengan selamat.
  4. Katakan dan bagilah perasaan risau maupun takut Bunda dengan Ayah atau keluarga dekat lainnya, dan mintalah mereka untuk menyemangati!
  5. Katakan pada diri sendiri: Proses persalinan akan segera selesai dengan cepat, apabila Aku semangat dan tidak menyerah.
  6. Katakan pada diri sendiri: Aku pasti bisa dan mampu, buah hati ku akan lahir dengan sehat, dan aku akan menjadi ibu yang bahagia.

Persiapkan mental dan fisik agar Bunda tidak panik saat mulai mengalami kontraksi | Shutterstock

Wajar saja apabila Bunda merasa stress, takut, atau cemas, saat menunggu persalinan, terlebih ketika sudah makin mendekati waktunya hari perkiraan lahir (HPL). Namun bukan berarti Bunda tidak bisa menguatkan dan menghibur diri, lho. Apalagi ketenangan dan kesiapan saat menjalani persalinan terbukti sangat membantu kelancaran proses melahirkan. 

Baca Juga: 3 Perubahan Emosional yang Wajar namun Perlu Diantisipasi pada Ibu Baru

Karena itulah Bunda harus tetap semangat, ya! Ucapkan afirmasi positif setiap hari kepada diri sendiri. Banyak-banyak mencari tahu mengenai proses persalinan dengan meng-upgrade ilmu lewat bertanya pada dokter, membaca artikel yang dapat dipercaya, atau bertanya kepada orang-orang yang telah melaluinya. Dan yang tak kalah penting, jangan lupa menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi