What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Saat Si Kecil Jatuh dari Tempat Tidur

author
Ruth Sinambela
Selasa, 13 Juni 2023 | 09:44 WIB
Yuk, lebih waspada dan awasi si kecil saat tidur untuk mencegah si kecil terjatuh dari tempat tidur, | Shutterstock

Menghadapi kejadian di mana anak jatuh dari tempat tidur dapat menjadi momen yang mengejutkan dan menakutkan bagi orang tua. Saat kecelakaan semacam ini terjadi, langkah-langkah yang diambil dalam waktu singkat akan memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan dan keselamatan anak. 

Karena itulah respon awal orang tua sangat dibutuhkan untuk memastikan keadaan si kecil baik dan tidak mengalami cedera. Berikut adalah beberapa tindakan yang harus dilakukan saat anak jatuh dari tempat tidur, Bun!

Baca Juga: Coccydynia, Cedera Berbahaya pada Tulang Ekor akibat Jatuh dalam Posisi Duduk

Tetap tenang

Reaksi pertama dan yang paling penting adalah tetap tenang. Panik hanya akan membuat situasi semakin sulit, Bun. Usahakan lah untuk tenang dan terus berusaha menenangkan diri meski sulit. Dengan demikian Bunda akan bisa mengatasi situasi dengan baik dan cepat.

Menenangkan anak yang jatuh dari tempat tidur sangat penting, agar anak tidak trauma | Shutterstock

Periksa cedera anak

Setelah anak jatuh, periksa apakah ada tanda-tanda cedera serius. Perhatikan apakah anak pingsan, memar parah, atau mengalami patah tulang. Jika Bunda maupun Ayah menemukan tanda-tanda cedera serius seperti ini, segera hubungi layanan darurat atau bawa anak ke fasilitas medis terdekat.

Berikan kenyamanan dan reassurance

Meski anak sepertinya tidak mengalami cedera serius, tetaplah berikan kenyamanan dan dukungan emosional bagi mereka, Bun. Peluk anak, berbicara lah dengan lembut, dan berikan kecupan atau genggaman tangan untuk menenangkannya. Memberikan perhatian dan rasa aman akan sangat membantu dalam mengurangi kecemasan anak.

Baca Juga: Coccydynia, Cedera Berbahaya pada Tulang Ekor akibat Jatuh dalam Posisi Duduk

Observasi Anak

Setelah kejadian, perhatikan anak dengan cermat selama beberapa jam. Amati apakah ada perubahan perilaku, tanda-tanda nyeri yang tidak biasa, atau keluhan lain yang mengkhawatirkan. Jika Bunda melihat gejala-gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan evaluasi medis lebih lanjut.

Apabila Bunda tidak yakin akan kondisi anak setelah jatuh dari tempat tidur, segeralah bawa si kecil ke fasilitas medis terdekat untuk diperiksa |

Periksa Keamanan Tempat Tidur

Ketika kecelakaan terjadi, penting untuk memeriksa tempat tidur anak. Pastikan kasur atau ranjang dalam kondisi yang baik dan stabil. Jaga agar perlengkapan tidur seperti selimut atau bantal tidak terlalu dekat dengan tepi tempat tidur yang dapat memicu jatuhnya anak. 

Pertimbangkan pula untuk memasang pengaman yang dapat dipasang, seperti pagar pengaman, untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

Pencegahan Kecelakaan

Jadikanlah pengalaman melewati kecelakaan yang sudah terjadi sebagai pengingat untuk meningkatkan keamanan lingkungan tidur anak. Pastikan anak selalu diawasi saat berada di tempat tidur, terutama jika mereka masih balita atau bayi. Gunakan kasur yang sesuai untuk usia mereka dan pastikan mereka tidur dalam posisi yang aman, Bunda. Jika diperlukan, instal pagar pengaman yang cocok untuk mencegah anak jatuh.

Baca Juga: Madu Boleh Diberikan sebagai Pertolongan Pertama pada Anak yang Menelan Baterai?

Dalam situasi apapun, jika orang tua merasa khawatir atau tidak yakin mengenai keadaan anak setelah terjatuh dari tempat tidur, segera lah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat, tanpa perlu menunggu beberapa lama.

Ingatlah bahwa keselamatan dan kesejahteraan anak adalah yang utama, dan langkah-langkah tepat yang diambil setelah kejadian jatuh dari tempat tidur akan sangat membantu meminimalkan risiko cedera serta menguatkan mental anak.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi