Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Bun, Ini Akibat Memakaikan Sepatu yang Sempit pada Si Kecil

author
Ruth Sinambela
Rabu, 18 Oktober 2023 | 10:00 WIB
Memakai sepatu yang terlalu sempit dapat menghambat pertumbuhan kaki dan tulang anak. | Shutterstock

Mengenakan sepatu yang sudah mulai sempit atau terlalu mengepas pada kaki anak, sebaiknya dihindari Bunda. Apalagi kalau sepatu sudah benar-benar sempit!

Melansir dari Kumparan.com, seorang peneliti dari Balgrist University Hospital, Swiss, yang juga merupakan ahli bedah ortopedi, Norman Espinosa, M.D, mengungkapkan bahwa lebih dari 90 persen sepatu/sandal luar dan dalam yang dikenakan anak-anak sebenarnya terlalu kecil.⁠ 

Padahal bagi anak-anak, menggunakan sepatu yang terlalu pas atau bahkan sempit dapat mempengaruhi pertumbuhannya secara signifikan, lho! Menurut Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, seperti dikutip dari laman resminya, saat seseorang memakai sepatu kekecilan, risikonya bisa mengalami bunion atau pembesaran tulang atau jaringan di sekitar sendi di pangkal ibu jari kaki, cedera di jari kaki dan saraf tepi/saraf tulang belakang, kelainan bentuk jempol kaki (hammer toe), hingga kuku yang tumbuh ke dalam, Bun!

Berikut alasan penting lainnya yang harus Bunda perhatikan agar tidak lagi memaksakan sepatu yang hampir sempit atau sudah kesempitan pada si kecil.

Baca juga:  Kondisi Flat Foot atau Kaki Rata, Berbahaya atau Tidak?

Pertumbuhan kaki anak yang cepat

Anak-anak berada dalam tahap pertumbuhan yang cepat, Bun. Termasuk pertumbuhan kaki mereka. Kaki anak dapat berubah ukurannya dalam waktu yang relatif singkat. Karena itulah orang tua harus lebih sering memperhatikan apakah alas kaki yang digunakan buah hatinya masih baik untuk digunakan. Karena menggunakan sepatu yang sudah sempit akan menghambat pertumbuhan alami kaki anak dan berpotensi mempengaruhi perkembangan tulang, otot, dan jaringan pada kaki.

Berpengaruh pada kesehatan anak

Sepatu yang terlalu sempit dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kaki anak, Bun. Pertama, sepatu yang sempit dapat menyebabkan deformitas pada kaki seperti jempol kaki bengkok atau hammer toe. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit, dan masalah postur tubuh. Selain itu, sepatu yang sempit juga dapat menyebabkan lecet, luka, atau bengkak pada kaki si kecil.

Pastikan untuk memeriksa ukuran kaki si kecil secara berkala. | Shutterstock

Kenyamanan saat aktif bergerak

Anak-anak sangat aktif dan memiliki tingkat energi yang tinggi kan, Bun? Bayangkan apabila sepatu yang dikenakan tidak nyaman, tentu akan mengganggu pergerakan dan membuat anak jadi terbatasi. Hal ini akan  mempengaruhi partisipasi si kecil dalam berbagai aktivitas fisik dan olahraga yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Baca juga: Kaki Bengkok Pada Bayi di Bawah 18 Bulan, Normal Kah?

Sirkulasi darah

Sepatu yang terlalu sempit dapat menghambat sirkulasi darah pada kaki anak. Sirkulasi yang baik penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ tubuh. Gangguan sirkulasi dapat menyebabkan kaki terasa dingin, mati rasa, atau bahkan menyebabkan pembengkakan!

Psikologis anak

Para ahli meyakini kalau menggunakan sepatu yang tidak nyaman mungkin akan membuat sebagian anak merasa tidak bahagia atau tidak percaya diri. Meski banyak faktor lainnya yang bisa menyebabkan hal tersebut, sepatu yang sempit dapat menjadi salah satunya, Bun! 

Kenyamanan sepatu dapat mempengaruhi mood anak dan bahkan interaksi sosial mereka. Hal ini juga bisa mempengaruhi cara anak melihat diri mereka sendiri. Sekali lagi ini tidak selalu terjadi pada setiap anak ya, Bun. Namun Bunda tetap harus memperhatikan tingkah laku si kecil untuk mencegahnya, ya.

Baca juga: Kata Dokter: Anak Belajar Jalan, Lebih Baik Pakai Sepatu atau Tidak?

Postur tubuh

Sepatu yang tidak sesuai dapat mempengaruhi postur tubuh anak, lho. Kaki adalah fondasi dari postur tubuh yang baik. Jika si kecil menggunakan sepatu yang tidak memberikan dukungan yang cukup atau bahkan membuat mereka merasa tidak nyaman, bisa jadi mengganggu postur mereka dan menyebabkan masalah postur yang berkelanjutan.

Yuk, lebih perhatian lagi agar alas kaki si kecil jangan sampai kesempitan namun masih saja digunakan ya, Bunda. Tidak harus mahal kok, yang penting nyaman dan memberi cukup ruang untuk kaki anak bernapas, bergerak, dan tumbuh. Selain itu perhatikan pula agar sepatu anak juga tidak kebesaran, karena bisa membuat si kecil juga menjadi tidak nyaman!

 

Pastikan untuk memeriksa ukuran kaki si kecil secara berkala dan memilih sepatu yang memberikan ruang cukup agar mereka dapat tumbuh dengan baik. Ingatlah bahwa kesehatan dan kenyamanan anak harus menjadi prioritas utama dalam memilih sepatu yang tepat ya, Bunda dan Ayah.



Referensi:

ery Well Health. Diakses pada 2020. Why It’s Important to Wear the Right Shoe Size.

https://www.halodoc.com/artikel/ibu-ketahui-bahaya-anak-memakai-sepatu-yang-kekecilan

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi