If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

5 Alasan Angkat Beban Bagus Bagi Perempuan

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 23 Januari 2019 | 19:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Ada pendapat yang keliru tentang olahraga angkat beban, khususnya jika dilakukan perempuan. Katanya, angkat beban membuat tubuh perempuan jadi berotot dan tidak seksi lagi. Padahal, jika dilakukan sesuai dengan tujuan dan porsinya, tak hanya membentuk tubuh, angkat beban juga sangat baik bagi kesehatan. Ini 5 alasannya, seperti disampaikan personal trainer Keith McNiven.

1. Tidak bikin tubuh kekar, kok

Tubuh 'kekar' atau tidak sangat relatf. Yang pasti, tergantung tujuan dan porsi latihannya, angkat beban tidak membuat tubuh berotot dan kekar. Jika tujuannya untuk membesarkan otot atau prestasi, angkat beban memang pilihan tepat. Begitu juga jika tujuannya membentuk dan melangsingkan tubuh, angkat beban bisa menjadi pilihan dengan porsi yang tentu berbeda dengan tujuan yang pertama.

 

Baca juga:  5 Kebiasaan Sehat Yang Bikin Panjang Umur

 

2. Angkat beban membakar kalori

Penelitian menunjukkan, kalori akan lebih banyak terbakar berjam-jam setelah kita melakukan latihan angkat beban. Apalagi, angkat beban juga efektif membentuk otot tubuh yang membakar lebih banyak kalori saat beristirahat dibandingkan lemak misalnya. Jadi, angkat beban membantu meningkatkan metabolisme tubuh saat berisitrahat, bahkan 38 jam setelah latihan.

3. Bisa latihan di rumah

Tak butuh ruangan gym yang luas untuk memulai latihan angkat beban. Tak perlu treadmill atau perlengkapan fitness, cukup beli sepasang barbel dengan ukuran yang disesuaikan dengan kemampuan, lalu mulailah berlatih. Buat yang tak punya banyak waktu untuk berolahraga karena kesibukan, latihan ini sangat tepat.

| SHUTTERSTOCK

4. Hasilnya kelihatan dan bisa diukur

Salah satu catatan positif tentang olahraga ini adalah hasilnya bisa langsung terlihat dan bisa diukur sehingga bisa lebih memotivasi. Jika dilakukan secara teratur dan bertahap, progres latihan akan terlihat, salah satunya kekuatan otot yang meningkat. Langkah selanjutnya adalah antara meningkatkan berat beban atau menambah repetisinya.

5. Olahraga ini mengasyikkan

Faktor satu ini sangat penting agar kita tetap enjoy melakukan latihan, yaitu fun. Bagaimana tidak fun jika kita bisa merasakan perubahan pada tubuh kita, perasaan puas yang membuncah manakala berhasil memecahkan rekor pribadi angkatan, dan merasakan hasil kerja keras seperti nyeri otot sisa-sisa latihan pada keesokan harinya.  

Jadi tunggu apa lagi, yuk mulai latihan angkat beban!

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro